Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Rumah di Rusia Dibangun di Atas Jembatan

Kompas.com - 03/06/2019, 19:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak rumah yang dibangun di atas jembatan atau di sisi sungai maupun danau. Tapi sedikit yang seunik Bridge House di Zaokskiy, Rusia.

Sesuai namanya, rumah ini didirikan di atas struktur jembatan. Keunikan lainnya adalah hunian itu berdiri di atas tiang penopang dari kayu.

Rumah unik ini didesain oleh Ivan Ovchinnikov dari BIO Architects.

Seluruh struktur rumah bahkan penopang jembatan terbuat dari kayuArt Lasovsky Seluruh struktur rumah bahkan penopang jembatan terbuat dari kayu
"Lahan klien terbagi dua di tepi sungai. Di satu sisi sudah ada rumah, dan klien ingin menempatkan rumah kedua di sisi lain," kata Ovchinnikov seperti dilansir dari Fast Company.

Bridge House sepenuhnya bertumpu pada rangka kayu yang menghubungkan dua sisi sungai seperti jembatan.

Selain itu terdapat tiang yang cukuo kuat untuk menopang sebuah rumah yang membentang tanpa kolom tambahan.

"Bagian yang paling sulit adalah komunikasi dengan para pekerja karena merek aterbiasa membuat rumah biasa," ucap Ovchinnikov.

Bridge House sepenuhnya bertumpu pada rangka kayu yang menghubungkan dua sisi sungai seperti jembatan. Ivan Ovchinnikov Bridge House sepenuhnya bertumpu pada rangka kayu yang menghubungkan dua sisi sungai seperti jembatan.
Fasad rumah terdiri dari panel kaca besar yang memudahkan cahaya masuk ke dalam ruangan. Hal ini membuat bagian dalam menjadi ruang yang terang dan lapang, dengan banyak sinar matahari.

Di dalamnya terdapat ruang tamu, dapur, dan dua buah kamar dengan kamar mandi dan ruang tidur di lantai dua ruang tamu.

Di dalamnya terdapat ruang tamu, dapur, dan dua buah kamar dengan kamar mandi dan ruang tidur di lantai dua ruang tamu. Art Lasovsky Di dalamnya terdapat ruang tamu, dapur, dan dua buah kamar dengan kamar mandi dan ruang tidur di lantai dua ruang tamu.
Ada pula mezzanine kecil di atas dapur dengan ruang tidur lebih dekat ke langit-langit yang miring. Seluruh bangunan rumah dibangun dengan total seluas 154 meter persegi.

Ovchinnikov mengatakan, sebelumnya tidak ada yang melihat sungai sebagai rumah. Hal ini yang membuat rancangan hunian ini berbeda dari rumah kebanyakan.

Rancangan Bridge HouseIvan Ovchinnikov Rancangan Bridge House
Dia menambahkan konsep desain ini merupakan pendekatan dan hasil dari pencariannya akan perspektif baru tentang medan alami di lahan milik pemilik rumah.

Baginya, proyek itu menarik karena cara bentuknya yang bersih dan sederhana mengikuti fungsi bangunan dan terintegrasi sempurna dengan lingkungan alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com