Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Bikin Ruang Kerja Nyaman di Ruma Saat Libur Lebaran

Kompas.com - 01/06/2019, 16:56 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Libur Lebaran sudah di depan mata. Namun meski begitu, sda beberapa yang masih setia bercumbu dengan pekerjaan. Umumnya, banyak dari mereka yang membawa pekerjaannya ke rumah.

Bekerja di rumah memiliki tantangan sendiri. Suasana di rumah sangat berbeda dibanding dengan bekerja di dalam ruang kantor.

Oleh karenanya, Anda yang masih bekerja di rumah saat liburan perlu mempersiapkan tempat agar tetap semangat dalam menyelesaikan pekerjaanya, berikut caranya:

Tentukan ruangan

Jika Anda tak memiliki ruangan khusus, maka ciptakan sudut khusus di rumah Anda yang bisa menjadi ruang kerja. 

Ide di baik penciptaan tempat kerja khusus ini adalah untuk menciptakan batasan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi di rumah.

Pilih kursi yang tepat

Penting bagi Anda untuk memiliki kursi yang ergonomis untuk bekerja di rumah. Namun, yang penting adalah Anda tak perlu duduk sepanjang waktu saat bekerja.

Selain itu, kursi kerja yang baik adalah yang memungkinkan Anda bergerak dan mengubah postur duduk dengan mudah.

Pencahayaan

Tempat kerja Anda di rumah harus memiliki pencahayaan berlapis ketimbang satu sumber cahaya.

pertimbangkan beragam opsi untuk memastikan pencahayaan terbaik untuk ruang kerja Anda, termasuk lampu meja, pencahayaan di langit-langit atau jendela dengan tirai horizontal maupun vertikal.

Ilustrasi bekerja lebih produktifSHUTTER STOCK Ilustrasi bekerja lebih produktif
Namun jika memungkinkan, tempatkan meja kerja di samping jendela atau sumber masuknya cahaya matahari.

Cahaya matahari mampu mencegah depresi dan membuat suasana gembira. Selain cahaya matahari, Anda juga bisa menempatkan tanaman pada meja kerja. Tanaman hijau juga mampu membuat suasana lebih ceria.

Tempat penyimpanan

Jika Anda memutuskan untuk bekerja dari rumah, tempat penyimpanan merupakan hal yang mutlak ada. Jenis penyimpanan yang dibutuhkan mengacu pada jenis material apa yang ingin Anda simpan.

Jika Anda bekerja dengan benda-benda berukuran kecil, maka sesuaikan tempat penyimpanan dengan ukuran benda-benda tersebut. Contohnya adalah dengan menggunakan meja yang juga memiliki rak pada bagian bawahnya.

Menggunakan bahan yang ada di rumah

Jika Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk ruang kerja di rumah, jadilah kreatif. Gunakan benda-benda yang ada, seperti meja beroda yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Atau mengubah lemari lawas menjadi tempat penyimpanan laptop dan berkas penting.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com