Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Hari, 800.000 Kendaraan Melintasi Tol Tangerang-Merak

Kompas.com - 31/05/2019, 13:37 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Toll Road Business Astra Infra Krist Ade Sudiyono mengatakan, sebanyak 800.000 kendaraan telah melintas ruas tol Tangerang-Merak.

Krist menuturkan, jumlah ini dihitung sejak H-10 Lebaran atau mulai dari tanggal 26 Mei hingga 30 Mei 2019.

Dia menambahkan, arus di Gerbang Tol (GT) Merak baik yang menuju dan dari Sumatera selama lima hari tersebut naik sebesar 44 persen dengan kumulatif trafik mencapai 108.700 kendaraan.

Penerapaan diskon tarif tol juga turut memengaruhi laju kepadatan kendaraan yang melintasi jalan tol Tangerang-merak.

Menurut Krist, selama penerapan diskon tarif tol sebesar 15 persen tersebut, redistribusi trafik cukup merata setiap harinya.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa 4, Panduan Lengkap Mudik 2019

"Kemarin terasa cukup tinggi pada tanggal 29 Mei. Mudah-mudahan juga berjalan baik untuk yang diskon arus balik nanti di tanggal 10 sampai dengan 12 Juni yang akan datang," ucap Kris menjawab Kompas.com, Jumat (31/5/2019).

Lebih lanjut, puncak trafik sementara di jalan berbayar yang dikelola anak usaha PT Astra Infra Toll Road, PT Marga Mandala Sakti tersebut terjadi pada tanggal 29 Mei.

Pada tanggal itu, kendaraan yang melintas mencapai 27.500 unit per hari atau naik sebesar 35 persen dari lalu lintas harian rata-rata di GT Merak.

Krist mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kondisi pengemudi serta kendaraan selama perjalanan mudik dan balik.

Tak hanya itu, dia juga menganjurkan agar para pemudik beristirahat yang cukup serta mempersiapkan segala sesuatu sebelum memasuki jalan tol, seperti mengisi saldo uang elektronik dan bahan bakar.

Kompas Video KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Jawa 4 Kompas.com kembali melanjutkan perjalanan ke Probolinggo, Jawa Timur. Probolinggo merupakan satu di antara 3 kabupaten yang dilalui ruas tol Pasuruan-Probolinggo. Tol yang memiliki panjang 31,1 KM ini merupakan akses bagi pemudik lebaran yang ingin singgah ke sejumlah tempat wisata yaitu Ranu Agung dan Madakaripura. Ruas Tol Pasuruan-Probolinggo berakhir di kilometer 841. Titik ini merupakan cikal bakal tol trans-jawa bagian terakhir yakin ruas Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 172,90 KM. Saksikan terus perjalanan Tim Merapah Trans-Jawa 4 di video selanjutnya #merapah #merapahtransjawa #merapahtransjawa4 #mudik #lebaran #arusmudik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com