Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsitektur China dalam Mangkuk Porselen

Kompas.com - 29/05/2019, 23:03 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk memperingati sesuatu. Di China, porselen putih Xing merupakan bagian penting dalam sejarah perkembangan porselen.

Untuk memperingati sejarah panjang kerajinan itu, pemerintah Jingtai, Hebei merancang dan membangun museum Xing Kiln yang menampilkan budaya porselen Xing.

Dia area seluas 10.890 meter persegi itu, terdapat galeri terbuka yang mengelilingi sebuah kolam.

Kemudian di tengah kolam, diletakkan struktur mangkuk porselen dibangun untuk memberi gambaran sejarah panjang perkembangan seni dan kerajinan porselen.

-He Chen -
Gedung pameran dirancang mirip porselen yang terbuka. Uniknya, terdapat tujuh buah gedung yang dibangun dengan dimensi berbeda.

Guna menyatukan mereka secara keseluruhan, algoritma pengemasan lingkaran digunakan dalam desain sebagai diagram kontrol geometrik.

Seluruh bangunan dirancang berdekatan dan hanya dipisahkan oleh kolam kecil yang mengalir di antaranya.

-He Chen -
Pengunjung yang berjalan di sepanjang galeri terbuka yang dirancang dengan bentuk persegi. Sedangkan dari semua sisi galeri, pengunjung dapat melilhat sruktur mangkuk porselen yang ada di tengah galeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com