Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Bulan, Konstruksi "Rest Area" di Tol Bakauheni-Kayu Agung

Kompas.com - 27/05/2019, 23:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring dengan pembangunan Tol Trans-Sumatera secara bertahap, PT Hutama Karya (Persero) yang mendapat penugasan, tengah merampungkan fasilitas tempat istirahat (rest area).

Menurut Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo, saat ini telah tersedia tempat istirahat sementara di sejumlah lokasi, mulai dari Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang, hingga Pematang Panggang-Kayu Agung.

Meski masih bersifat sementara, tetapi tempat istirahat itu sudah bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna jalan, termasuk saat mudik da balik Lebaran 2019.

Penyelesaian tempat istirahat itu dilakukan secara bersamaan dengan penyempurnaan sejumlah ruas tol dan ditargetkan selesai dalam tiga bulan mendatang.

“Selama arus mudik dan balik nanti masih sementara seperti sekarang. Masih terus dikerjakan dan akan diselesaikan, perlu sekitar tiga bulan,” ucap Bintang di Palembang, Sabtu (25/5/2019).

Baca juga: Tanah Rawa Bikin Konstruksi Tol Pematang Panggang-Palembang Lebih Lama

Penyelesaian itu antara lain berupa pekerjaan teknis dengan memadatkan tanah karena ada yang berupa tanah gembur dan rawa sehingga perlu waktu lebih lama untuk mengerjakannya.

Rest area-nya karena ada tanah-tanah yang belum bebas di kiri kanan sekarang masih ada yang land clearing, perlu dipadatkan lagi. Belum sempurna, masih perlu diperbaiki,” imbuhnya. 

Menurut pengamatan Kompas.com, tampak di beberapa titik tempat istirahat sudah berfungsi dengan berbagai fasilitas untuk melayani para pengguna jalan.

Misalnya di KM 33 A Tol Terbanggi Besar, Lampung, di sana telah tersedia toilet, mushala, SPBU modular, warung makanan dan minuman, serta anjungan tunai mandiri (ATM).

Warung makanan dan minuman yang menjadi UMKM binaan di Rest Area Km 33A Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung.
KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Warung makanan dan minuman yang menjadi UMKM binaan di Rest Area Km 33A Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung.

Mengenai warung makanan dan minuman, Bintang mengungkapkan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menghadirkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sehingga mereka memiliki kesempatan untuk menjajakan dagangannya.

“Ada tempat untuk istirahat, shalat, kamar kecil, dan warung-warung UMKM yang masuk di situ. UMKM itu sekitar 70 persen, kami kerja sama dengan kepala dusun, pemda, dan BUMD setempat. Nanti rundingan sama HK juga,” ujarnya.

Selain itu, Hutama Karya juga bekerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk penyediaan mobile ATM dan pengusaha UMKM binaan. Adapun untuk bahan bakar minyak (BBM), kerja sama dilakukan dengan Pertamina.

Untuk diketahui, Hutama Karya menyediakan 12 tempat istirahat di sepanjang Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, yaitu di KM 33 jalur A dan B, KM 87 jalur A dan B, KM 116 jalur A dan B, KM 163 jalur A, KM 172 jalur B, KM 208 jalur A, KM 215 jalur B, KM 234 jalur A, dan KM 285 jalur B.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com