Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Skenario "One Way" Saat Mudik

Kompas.com - 27/05/2019, 20:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah memutuskan untuk memberlakukan penerapan sistem satu arah atau one way secara terbatas di jalan tol selama arus mudik dan balik lebaran.

Seperti apa skenarionnya?

Operation Management Group Head Jasa Marga Fitri Wiyanti menjelaskan, contraflow dan one way sebagai bagian dari diskresi aparat kepolisian, diberlakukan pada 30 Mei-2 Juni saat arus mudik dan 8-10 Juni saat arus balik.

Untuk contraflow dimulai dari KM 29 hingga KM 61 Tol Jakarta-Cikampek. Sedangkan one way berlaku mulai dari KM 70 Cikampek sampai KM 263 Brebes Barat.

Baca juga: Merapah Trans Jawa 4.0 Mudik Asyik Mudik Inspiratif Dimulai

"Saat mudik, contraflow berlaku pukul 06.00-21.00 WIB dan one way pada pukul 09.00-21.00 WIB. Sedangkan saat arus balik, contraflow berlaku mulai pukul 14.00-22.00 WIB," terang Fitri di kantornya, Senin (27/5/2019).

Ada beberapa skenario yang akan diterapkan saat one way arus mudik berlaku:

- Akses masuk dari dan menuju Jakarta pada Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipularang akan digunakan secara normal.
- Sebelum jalur one way akan dilakukan contraflow pada KM 29 sampai dengan KM 61 dan titik awal one way di KM 70 Cikampek Utama sampai dengan KM 263 Brebes Barat.
- Akses masuk menuju Jakarta pada Tol Cipali sampai dengan Brebes Barat ditutup karena digunakan untuk jalur one way.
- Lalu lintas dari Cirebon menuju Jakarta dialihkan melalui jalan arteri. Nantinya, dapat masuk kembali di GT Sadang, GT Kalihurip atau GT Cikampek.
- Lalu lintas dari Semarang menuju Jakarta/Bandung dialihkan melalui jalan arteri, yaitu keluar GT Brebes Barat dan masuk ke tol kembali melalui GT Cikampek atau Sadang.

Sementara, skenario one way saat arus balik sebagai berikut:

- Akses masuk dari dan menuju Jakarta pada Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipularang digunakan secara normal.
- Akses masuk menuju Cikampek pada Tol Cipali sampai dengan Brebes Barat ditutup karena digunakan sebagai jalur one way. Sebagai gantinya lalu lintas dialihkan melalui jalan arteri.
- Pengguna jalan dari Jakarta yang akan menuju Cirebon dan Semarang akan dikeluarkan melalui GT Cikampek melintasi jalur arteri Pantura dan selanjutnya masuk kembali melalui GT Brebes Barat atau Brebes Timur.

Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur menambahkan, meski jam operasi one way dan contraflow dibatasi, namun diskresi kepolisian masih tetap berlaku.

Artinya, ketika kondisi lalu lintas relatif lancar sebelum masa pemberlakuan kebijakan tersebut berakhir, arus lalu lintas dapat dibuka dua arah.

Namun, bila sampai batas waktu pelaksanaan kondisi arus lalu lintas masih cukup padat, maka one way dan contraflow akan tetap dihentikan.

"Kalau dipanjangin paling nanti bentuknya pengalihan," ujarnya.

Kompas Video KOMPAS.com - Tim Merapah Trans Jawa 4 memulai perjalanan dari titik 0 KM di Merak, Banten. Di awal perjalanan lalu lintas tersendat karena ada proyek pelebaran jalan di ruas Tol Tangerang-Merak. Tim kemudian menuju Cikampek. Di ruas tol Jakarta-Cikampek sejumlah proyek infrastruktur jadi sumber kemacetan. Karena itu pengerjaan proyek ini akan dihentikan sementara beberapa hari sebelum Lebaran. Perjalanan tim berlanjut hingga ke Surabaya. Sepanjang perjalanan tim melihat sejumlah proyek pembangunan rest area yang akan digunakan untuk kenyamanan pada saat mudik Lebaran nanti. Destinasi wisata juga menjadi sorotan tim, agar para pemudik memiliki referensi wisata selama libur lebaran bersama keluarga tercinta. Saksikan terus perjalanan tim Merapah Trans Jawa 4. #merapah #merapahtransjawa #merapahtransjawa4 #mudik #lebaran #kompascom

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com