Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengecat Rumah dalam Waktu Empat Hari

Kompas.com - 18/05/2019, 18:25 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lebaran tinggal menghitung hari. Bagi Anda yang ingin mengubah suasana atau warna dinding rumah untuk menyambut Hari Raya, berikut cara cepat mengecat seluruh dinding rumah dalam waktu empat hari:

Hari Pertama

Periksa cat lama pada dinding apakah masih dalam kondisi bagus atau tidak. Anda dapat mengeceknya dengan cara mengoleskan air pada perrmukaan dinding dan tunggu beberapa saat. Jika dinding menampakkan gelembung maka cat harus segera dikelupas.

Kemudian hilangkan lapisan cat lama dengan cara diampelas. Pastikan seluruh bagian cat terkelupas agar tidak menjadi noda saat dinding mulai dicat ulang.

Sebelum mulai menghilangkan lapisan cat lama, ada baiknya singkirkan atau jauhkan perabot dan karpet dari dinding agar tidak terkena kotoran bekas sisa cat.

Baca juga: Agar Dinding Tak Membosankan, Berkreasilah dengan Bingkai Kosong

Setelah itu beri selotip pada tepian kayu yang menyambung pada dinding seperti jendela dan pintu. Pemberian selotip bertujuan agar bagian-bagian tersebut tetap bersih selama pengecatan.

Hari Kedua

Beri cat dasar pada dinding dan biarkan hingga benar-benar kering. Setelah itu beri lapisan lagi, kemudian ratakan dengan sikat atau kuas pada area yang dirasa terlalu tebal seperti sudut dinding, langit-langit dan pinggiran dinding.

Sebelum lapisan kedua benar-benar kering, warnai seluruh dinding dengan menggunakan rol. Untuk menghindari pola-pola aneh saat dicat, buat gerakan dengan bentuk huruf "W" besar dengan rol lalu sisi celahnya. Lakukan hal ini secara berulang dan akhiri dengan mengecat dinding secara vertikal.

Bersihkan cipratan cat pada bagian-bagian yang terbuat dari kayu, seperti pintu, jendela atau meja saat masih lembab. Terakhir, bersihkan roller dan kuas setelah selesai mengerjakan semuanya.

Warna gelap interior rumah dan desain vintage mulai ditinggalkan. Tahun 2016 akan didominasi material alami berkelanjutan dan warna-warna terang.www.shutterstock.com Warna gelap interior rumah dan desain vintage mulai ditinggalkan. Tahun 2016 akan didominasi material alami berkelanjutan dan warna-warna terang.
Hari Ketiga

Oleskan lapisan tambahan pada dinding sesuai kebutuhan. Jika pengecatan belum selesai, Anda bisa merampungkannya pada hari ini.

Hari Keempat

Olesi beberapa sudut seperti langit-langit dan tepi dinding untuk hasil yang maksimlal. Setelah selesai, bersihkan seluruh perlengkapan mengecat termasuk wadah, roller, atau sikat.

Baca juga: Sambut Lebaran, Pertimbangkan Dekorasi Warna Hijau

Setelah itu lepaskan selotip yang menemoel sebelum benar-benar kering. Bersihkan sisa-sisa pekerjaan dan kembalikan furnitur ke tempatnya semula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com