Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Properti di Situs Daring Terus Meningkat

Kompas.com - 16/05/2019, 23:14 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencarian informasi tentang properti mengalami peningkatan pada tahun ini. Hal itu terlihat dari hasil Sentiment Survey Rumah123.com pada 1 sampai 15 April 2019.

“Survei kami menunjukkan bahwa permintaan properti 2019 meningkat signifikan jika dibanding 2018, antara penyewaan dan penjualan mengalami kenaikan dari quarter to quarter,” ujar Country General Manager Rumah123.com Maria Manik, di kantornya, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Menurut dia, untuk penyewaan rumah, naik dari 10,36 persen. Demikian halnya dengan penyewaan apartemen, yang melonjak 26,26 persen.

Baca juga: Cari Rumah Baru Jelang Lebaran? Ini Daftarnya...

Sementara untuk penjualan rumah, tumbuh tipis 6,4 persen. Angka tak signifikan pun ditunjukkan oleh penjualan apartemen sekitar 5,73 persen.

Selain itu, hasil survei juga menunjukkan bahwa kenaikan penjualan apartemen yang paling tinggi terjadi pada harga kurang dari Rp 500 juta, yakni  32,25 persen.

Sedangkan peningkatan tertinggi penjualan rumah dialami produk serentang Rp 1 miliar sampai Rp 2,5 miliar dengan angka 20,21 persen.

Kenaikan juga ditunjukkan rumah dan apartemen untuk kisaran harga Rp 2,5 miliar sampai Rp 5 miliar, masing-masing 10,78 persen dan 7,5 persen.

“Yang menarik harga properti Rp 2,5 miliar sampai Rp 5 miliar. Bisa jadi ini karena orang sudah mengetahui ekspektasi mereka. Sulit mencari rumah Rp 1,5 miliar ke bawah yang lokasinya sesuai dengan keinginan mereka,” pungkas Maria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com