Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Kenalkan Teknologi "Peramal" Kemacetan

Kompas.com - 08/05/2019, 11:39 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur menuturkan, peeseroan akan menggunakan teknologi baru yang dapat membantu mengatasi kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek saat mudik dan balik Lebaran 2019.

Teknologi ini membantu proses pengambilan keputusan tim pengatur lalu lintas yang bekerja sama dengan Korlantas Polri dalam memberikan diskresi. Utamanya dalam memberlakukan sistem satu arah atau one way.

Baca juga: Bola Panas Kenaikan Tarif Tol Bandara di Tangan Jasa Marga

"Teknologi baru akan kita terapkan khusus bila pemerintah menerapkan one way," kata Subakti di Jakarta, Senin (6/5/2019).

Dijumpai terpisah, Corporate Communication Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan, teknologi baru yang dimaksud adalah smart CCTV.

Teknologi ini dapat 'meramal' potensi kemacetan. Dengan demikian, langkah antisipasi dapat diambil sejak dini oleh petugas.

"Jadi, dia bukan hanya menangkap gambar ya. Tetapi juga bisa memberikan sinyal. Ibaratnya membantu mendeteksi apabila kepadatan terjadi," ungkap Irra menjawab Kompas.com.

Menurut Irra, sejauh ini Jasa Marga telah memiliki 20 unit smart CCTV. Keberadaannya tersebar mulai di Tol Jakarta-Cikampek hingga Tol Batang-Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com