Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Titik-titik Macet Ini saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 06/05/2019, 13:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan tol diperkirakan akan kembali menjadi pilihan alternatif pemudik untuk menuju kampung halamannya pada musim Lebaran 2019.

Terlebih dengan telah beroperasinya Tol Trans Jawa dan sebagian Tol Trans Sumatera yang dinilai dapat menunjang kelancaran arus mudik dan balik.

Kendati hampir sebagian besar telah beroperasi, bukan berarti tidak ada titik-titik kemacetan yang harus diwaspadai masyarakat.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ranto Parlindungan Rajagukguk menuturkan, potensi kemacetan masih akan terjadi di sejumlah gerbang tol, dan tempat istirahat yang ada di sepanjang jalur berbayar.

Selain itu, kemacetan juga potensial terjadi di sekitar lokasi parking bay yang berada di jalur Cikampek-Palimanan-Kanci.

"Kalau di rest area itu sebenarnya karena banyak pengguna jalan, yang boleh dibilang seharusnya sudah bisa jalan, tetapi tidak jalan karena alasan capek," ungkap Ranto di kantornya, Senin (22/4/2019) lalu.

Di koridor Tol Trans Jawa, terdapat 71 Tempat Istirahat (TI)/Tempat Istirahat dengan Pelayanan (TIP). Dari jumlah tersebut 55 di antarnya telah beroperasi dan 16 lainnya masih dalam proses konstruksi.

Adapun untuk gerbang tol yang berpotensi terjadi macet di antaranya GT Merak dan akses pelabuhan, GT Warugunung Tol Surabaya-Mojokerto dan GT Singosari Tol Pandaan-Malang, GT Palimanan, GT Kalikangkung, dan GT Banyumanik.

Tol Jakarta-Cikampek juga perlu mendapat perhatian masyarakat. Sekalipun, pemerintah berencana menghentikan seluruh kegiatan konstruksi di sepanjang koridor ini guna menambah lajur yang dapat dilintasi masyarakat pada H-10 hingga H+10 Lebaran.

Adapun sejumlah titik yang perlu mendapat perhatian yakni SS Ckunir, GT Cikarang Utama yang rencananya akan dipecah ke GT Kalihurip Utama untuk arah ke Bandung dan GT Cikampek Utama untuk arah ke Cipali.

"Kalau lokasi lain itu seperti di Medan itu di Tebing Tinggi ada potensi macet," sebut Ranto.

Selain Tebing Tinggi, potensi macet di ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi berada di GT Amplas, GT Bandar Selamat, GT Tj Mulia dan GT Marelan.

Untuk diketahui, sepanjang 1.468 kilometer dapat digunakan selama pelaksanaan musim Lebaran 2019.

Jalan tol tersebut sebagian besar telah beroperasi dan sebagian lainnya masih fungsional yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera maupun dan Tol Trans Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com