Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Jalan Tol di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi Dibuka

Kompas.com - 22/04/2019, 20:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019, sejumlah jalan tol yang kini tengah dibangun akan dibuka fungsional atau sementara. Jalan berbayar tersebut tersebar di empat pulau utama di Tanah Air.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ranto Parlindungan Rajagukguk menjelaskan, empat pulau yang dimaksud yakni Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.

Selain jalan tol yang masih dalam tahap konstruksi, ada juga jalan tol yang kini statusnya siap beroperasi namun belum diresmikan. Jalan tol tersebut juga akan dibuka fungsional nantinya.

"Seperti Tol Pandaan-Malang, kemarin sudah kita laik fungsi namun sampai saat ini belum difungsikan secara resmi," ucap Ranto di kantornya, Senin (22/4/2019).

Baca juga: Mudik Lebaran ke Jakabaring Bisa Lewat Tol

Tol Pandaan-Malang yang akan dibuka fungsional sepanjang 30,6 kilometer mulai dari Seksi I hingga Seksi III.

Sementara di Sulawesi, jalan bebas hambatan yang akan dibuka fungsonal yakni Tol Manado-Bitung sepanjang 18 kilometer.

Sedangkan untuk Tol Ujung Pandang Seksi I dan II sepanjang 6,05 kilometer dan Makassar Seksi IV sepanjang 11,6 kilometer kini telah beroperasi.

Untuk di Kalimantan, Ranto menambahkan, jalan yang akan dibuka fungsional yakni Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1-3 sepanjang 70,5 kilometer.

"Manado-Bitung ini kan enggak terlalu rame lalu lintasnya sama dengan Balikpapan-Samarinda, opsional saja mungkin difungsikan," ucapnya.

Baca juga: Mei 2019, Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 Beroperasi

Sementara di Sumatera, ruas yang akan dibuka fungsional antara lain Medan-Binjai Seksi I Tanjung Mulia-Helvetia, Segmen SS Helvetia-Jl Veteran sepanjang 2,8 kilometer, dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189,2 kilometer.

"Untuk Kayuagung-Jakabaring sepemantauan kami beberapa waktu lalu belum (siap dibuka fungsional). Tetapi kami akan cek nanti Mei apakah sudah bisa dibuka fungsional atau belum," kata Kepala BPJT Danang Parikesit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com