Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Tol Terbanggi Besar-Palembang Dibuka Fungsional

Kompas.com - 12/04/2019, 12:36 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dari Terbanggi Besar hingga Palembang saat musim Lebaran 2019, dapat melintasi jalan tol.

Pemerintah berencana membuka jalan bebas hambatan di ruas tersebut secara fungsional.

"Ini kalau harapan baik dari Menteri PU maupun Menteri BUMN itu bisa fungsional saat arus mudik dan balik," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Merujuk data monitoring BPJT, saat ini progres konstruksi untuk ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung sepanjang 189,2 kilometer 92,86 persen.

Jalan tol yang digarap PT Hutama Karya (Persero) itu terbagi ke dalam dua seksi. Seksi 1 Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112,2 kilometer dan Seksi 2 Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 kilometer.

Baca juga: Tahun 2023, Palembang-Bengkulu Lewat Tol Cukup 4 Jam

Adapun ruas Kayu Agung-Palembang-Betung yang dikerjakan PT Sriwijaya Markmore Persada, saat ini pekerjaan konstruksi sepenuhnya telah mencapai 32,82 persen.

Seksi 1 Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 kilometer menjadi seksi yang paling progresif pekerjaan konstruksinya yakni 60,34 persen.

Sementara Seksi 2 Jakabaring-Musilindas sepanjang 33,9 km baru mencapai 40,85 persen dan Seksi 3 Musilindas-Betung baru mencapai 5,85 persen.

Danang mengungkapkan, sebelum dibuka fungsional, pihaknya akan meninjau kesiapan ruas tersebut sebelum puasa dimulai.

"Kami akan melakukan survei di lapangan. Harapan kami sebelum puasa dilakukan pengecekan bersama Kemenhub dan Korlantas," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com