Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Peresmian, Tol Pandaan-Malang Jalani Uji Laik Fungsi

Kompas.com - 11/04/2019, 13:07 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekerjaan Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi I-III sepanjang 30 kilometer telah rampung. Dalam waktu dekat, ruas sepanjang 30 kilometer tersebut dapat segera dioperasikan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, uji laik fungsi akan dilaksanakan pada Kamis (11/4/2019).

Baca juga: BPJT Tunggu Dokumen Prakarsa Seksi IV Tol Paspro

"Ada beberapa pekerjaan pembersihan penyelesaian, mudah-mudahan satu hari ini selesai, besok (hari ini) ada tim penilai sertifikasi laik fungsi, sebelumnya minggu lalu sudah tahap penilaian pra laik fungsi," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Rabu (10/4/2019).

Tol Pandaan-MalangKementerian PUPR Tol Pandaan-Malang

Bila proses uji laik fungsi dapat selesai dalam sehari dan dinyatakan siap beroperasi, Basuki menyebut, dirinya akan mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo untuk meresmikannya.

"Sekarang akan kita lihat lagi perkembangannya. Ibu Gubernur Jawa Timur mengusulkan untuk bisa diresmikan tanggal 12 April 2019 saat Presiden berada di Malang," ujarnya.

Adapun untuk Seksi IV dan V sepanjang 8 kilometer, penyelesaiannya masih dikoordinasikan dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur. Sebab, beberapa waktu lalu ditemukan situs purbakala di seksi ini.

"Untuk ruas dari Singosari ke Malang yang ditemukan situs purbakala, saat ini sedang dilakukan pergeseran as/trase jalannya," kata dia.

Tol Pandaan-MalangKementerian PUPR Tol Pandaan-Malang

Jalan Tol Pandaan-Malang terdiri dari 5 seksi yang terbagi menjadi Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15 kilometer, dan Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 kilometer.

Selanjutnya Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7 kilometer, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4 kilometer, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 4 kilometer.

PT Jasamarga Pandaan Malang, selaku badan usaha jalan tol (BUJT) yang memperoleh konsesi, membenamkan investasi sebesar Rp 5,9 triliun untuk merampungkannya.

Adapun nilai konstruksi sebesar Rp 3,7 triliun dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP).

Tol Pandaan-MalangKementerian PUPR Tol Pandaan-Malang

Kehadiran ruas tol ini diharapkan dapat mempercepat mobilisasi masyarakat, barang dan jasa. Pasalnya, waktu tempuh dari Surabaya menuju Malang dan sebaliknya yang biasanya ditempuh dalam kurun 4-6 jam, dapat dipersingkat menjadi kurang dari satu jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com