Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Paspro Beroperasi, Pasuruan-Probolinggo Hanya 30 Menit

Kompas.com - 10/04/2019, 15:45 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mengatakan, Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) yang telah resmi beroperasi, dapat mempersingkat waktu tempuh.

Sebelumnya, waktu tempuh dari Pasuruan ke Probolinggo 2,5 jam, dengan pengoperasian tol ini menjadi hanya 30 menit.

"Ini merupakan suatu proyek strategis nasional yang alhamdulillah  bisa selesai tepat waktu. Saya kira dengan adanya jalan tol ini masyarakat akan punya waktu singkat dari Pasuruan ke Probolinggo," kata Rini dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (10/4/2019).

Rini hadir mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Paspro dibangun oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk sepanjang 31,3 kilometer.

Saat seremoni peresmian, Jokowi menyampaikan, Merak sampai Banyuwangi sudah tersambung dengan jalan tol yang diharapkan bisa meningkatkan mobilitas orang atau barang.

Baca juga: Tol Pasuruan-Probolinggo Resmi Beroperasi

"Kalau kita lihat dari Jakarta, Cawang sampai Probolinggo sudah tembus 840 kilometer. Kalau dimulai dari ujung barat Pulau Jawa di Merak ke Probolinggo itu tembusnya 962 kilometer. Kalau dulu ada Anyer-Panarukan yang dikerjakan oleh Daendles sekarang ada Merak-Banyuwangi yang dikerjakan Menteri PUPR," tutur Jokowi. 

Pembukaan Tol Paspro Seksi I-III diawali dengan pengucapan basmalah oleh Jokowi yang kemudian dilanjutkan dengan penekanan tombol sirine.

Proyek Tol Paspro diperoleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada tahun 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,9 triliun.

Jalan bebas hambatan ini dilengkapi dengan tiga gerbang tol (GT) yakni, GT Tongas, GT Probolinggo Barat dan GT Probolinggo Timur.

Sebelumnya Tol Paspro telah dibuka secara fungsional saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2019. Pengerjaan proyek jalan tol ini dimulai Mei 2016 dan selesai pada bulan Desember 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com