Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Ende Bangun Akses Mulus Menuju Tempat Wisata Unggulan

Kompas.com - 07/04/2019, 22:00 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), akan melanjutkan pembangunan akses jalan menuju objek-objek wisata alam dan budaya yang menjadi penyangga destinasi wisata unggulan Taman Nasional (TN) Kelimutu.

Bupati Ende Marsel Petu menyampaikan hal tersebut saat menggelar jumpa pers bersama sejumlah wartawan di Kupang, Minggu (7/4/2019).

Menurut Marsel, akses jalan yang dibangun yakni jalan lintas utara dan selatan Kabupaten Ende.

"Terpilihnya saya dengan Pak Djafar (Wakil Bupati Ende) untuk kali kedua, merupakan amanah dan kesempatan berharga untuk melanjutkan berbagai program pembangunan sebelumnya termasuk sektor pariwisata dan infrastruktur," tutur Marsel.

Baca juga: Tokoh Adat Kupang Minta Pembangunan Jalan Perbatasan Dilanjutkan

Marsel menyebut, pada lima tahun sebelumnya, telah dibangun lima ruas jalan paralel di wilayah utara dan selatan Kabupaten Ende dengan total jarak lebih dari 200 kilometer.

Ruas-ruas jalan tersebut, menghubungkan objek-objek wisata penyangga seperti wisata alam, laut dan pantai, kampung adat, dan wisata budaya lainnya.

"Dulunya ruas-ruas jalan kabupaten ini masih jalan tanah dan sekarang sudah hotmix," kata Marsel.

Saat ini, hanya tersisa beberapa titik pada lima ruas jalan tersebut yang belum dibangun dan akan dituntaskan dalam satu atau dua tahun ke depan.

Sementara itu, untuk ruas jalan utama menuju Taman Nasional Kelimutu sepenuhnya dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui APBN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com