Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debat Capres: Prabowo Sebut Indonesia Seluas Eropa

Kompas.com - 31/03/2019, 08:29 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengungkapkan, luas wilayah kedaulatan Indonesia setara dengan Benua Eropa.

Hal itu disampaikan Prabowo saat debat pilpres putaran keempat yang dilangsungkan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019) malam.

Saat itu, tema yang dibahas adalah mengani diplomasi. Awalnya, Prabowo menyebut, diplomasi merupakan hal penting guna menyampaikan kepentingan nasional sebuah negara. Baik itu melalui jalan perundingan maupun pengiriman diplomat.

"Tetapi, diplomasi tidak bisa hanya menjadi mediator. Itu penting, tapi ujungnya diplomasi itu harus merupakan bagian dari upaya kepentingan nasional, inti sebuah negara dan untuk itu diplomasi hanya bisa dan harus di-back up oleh kekuatan," sebut Prabowo.

Ia menambahkan, salah satu tugas seorang diplomat adalah menghitung kekuatan negara tempat dia bertugas. Termasuk, menghitung kekuatan militer, serta pertahanan dan keamanan.

Saat menyinggung hal tersebut, Prabowo kemudian menyebutkan soal luas wilayah Indonesia yang sama dengan luas wilayah Eropa.

"Pak Jokowi, tolong, penasehat militernya. Bukan saya tidak percaya sama TNI," ucap Prabowo.

"(Tapi) kapal selam berapa yang kita miliki? Jenisnya berapa? Kemampuannya berapa? Kita negara seluas Eropa, berapa sky drone fighter? Kita punya peluru kendalinya berapa?" imbuh dia.

Namun, benarkah wilayah Indonesia seluas Eropa?

Melansir Badan Pusat Statistik (BPS), luas wilayah daratan Indonesia yang terdiri atas 17.504 pulau hanya mencapai 1,9 juta juta kilometer persegi.

Sementara, berdasarkan data yang dilansir dari Geografi.org, luas daratan Eropa mencapai 10,9 juta kilometer persegi.

Artinya, bila keduanya dibandingkan, luas Indonesia hanya 17,4 persen luas Benua Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com