Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPJT Mengaku Belum Terima Proposal Tol Pontianak-Singkawang

Kompas.com - 28/03/2019, 22:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengaku, hingga kini belum menerima usulan pembangunan Tol Pontianak-Singkawang di Kalimantan Barat.

Namun, ia tak mempersoalkan, bila memang ada gagasan untuk menggarap ruas tol tersebut.

"Belum masuk ke kami. Mungkin sebagai ide, memang kita kan ada pembangunan jaringan jalan," kata Danang saat kegiatan Dasabakti PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Menurut dia, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR selama ini telah menyusun rencana pengembangan jaringan jalan di seluruh wilayah Indonesia.

Kendati demikian, dari rencana pengembangan tersebut, belum diputuskan mana saja yang akan menjadi jalan tol dan mana yang akan menjadi jalan nasional.

Baca juga: Tol Trans-Sumatera Dibangun untuk Genjot Perekonomian

"Nah secara jaringan kan sudah ada, sekarang mungkin dari Bina Marga dan penjajakan minat investor saja untuk bisa melihat apakah itu (bisa jadi jalan tol)," ucap Danang.

Selama ini, imbuh Danang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga kerap melempar gagasan untuk pembangunan sebuah jalan tol guna mengetahui apakah investor berminat untuk menggarapnya atau tidak.

"Kalau ada respon mungkin kita pertimbangkan untuk menjadikan itu jalan tol atau jalan nasional yang menggunakan KPBU AP (Kerjasama Pemerintah Badan Usaha dengan skema Availability Payment). Itu bisa dimungkinkan," tuturnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com