Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Dekade, SMI Danai Rp 1.151,8 Triliun Proyek Infrastruktur

Kompas.com - 28/03/2019, 14:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama sepuluh tahun atau satu dekade berkiprah, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) telah mendanai 261 proyek senilai Rp 1.151,8 triliun.

Jumlah tersebut terdiversifikasi melalui tiga pilar bisnis yaitu pembiayaan dan investasi, jasa konstruksi dan pengembangan proyek.

Direktur Utama PT SMI Emma Sri Martini menjelaskan, melalui bisnis pembiayaan dan investasi, SMI mengelola proyeyek komersial senilai Rp 553,6 triliun.

Sementara untuk bisnis jasa konstruksi, nilai proyek yang ditangani mencapai Rp 546,6 triliun. Proyek yang digarap mencapai 46 proyek meliputi telekomunikasi, transportasi, infrastruktur sosial, dan konektivitas.

Baca juga: Meski Anggaran Diblokir, Tak Ada Proyek Kementerian PUPR yang Batal

"Dalam KPBU kami juga sudah mendampingi proyek senilai Rp 51,6 triliun," ungkap Emma saat peringatan Dasabakti PT SMI di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Ia menambahkan, dari total pembiayaan yang disalurkan, 63 persen di antaranya merupakan proyek yang digarap di luar Pulau Jawa.

Hal ini sejalan dengan semangat pemerintah dalam mendukung upaya pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.

"Dari sisi sektor juga sangat terdiversifikasi. Memang saat ini terdominasi oleh sektor konektivitas, karena Indonesia merupakan negara kepulauan. Averagenya terdominasi jalan dan jalan tol, disusul ketenagalistrikan dan disusul sektor lain," beber Emma.

Dengan capaian saat ini, ia mencatat, PT SMI telah berhasil menciptakan multiplier effect 18,63 kali terhadap modal yang disetor dan 6,03 kali terhadap komitmen fasilitas pembiayaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com