Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKEA Tanam Investasi Rp 1,4 Triliun di Bandung

Kompas.com - 28/03/2019, 12:28 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Hero Supermarket Tbk, pemilik waralaba IKEA Indonesia, menanamkan investasi 1 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 1,4 triliun untuk membangun IKEA Bandung di Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat, Jawa Barat.

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk Patrik Lindvall menjawab Kompas.com, saat prosesi ground breaking Kamis (28/3/2019). 

"Kami membangun di atas lahan yang luas 4,4 hektar. Kami menginvestasikan 1 juta dollar AS. Tapi bukan itu dan bukan hanya tentang furnitur. Kami ingin bisnis berkelanjutan yang membawa manfaat buat Bandung dan masyarakat sekitar," jelas Patrik.

Dipilihnya Bandung, kata dia, karena lokasinya strategis, drkat dengan Jakarta sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, juga tingkat populasinya besar, dengan daya belinya tinggi.

Investasi IKEA Indonesia di Bandung ini menggenapi realisasi investasi di Jawa Barat dengan total nilai Rp 160 triliun atau terbesar di Indonesia per akhir 2018.

Baca juga: IKEA Bandung Bakal Hadir dengan Luas 3 Kali Alun-alun Bandung

"Ini sejarah panjang hingga IKEA bisa hadir di Bandung. Sejak saya menjadi wali kota, saya merekomendasikan mereka untuk berinvestasi di Jawa Barat. Dan saya bangga mereka kemudian hadir di sini," jelas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Selain itu, lanjut Emil (sapaan akrabnya), Jawa Barat punya indikator positif yang laik dijadikan sebagai lokasi investasi masa depan yang menjanjikan.

Visualisasi IKEA BandungIKEA Indonesia Visualisasi IKEA Bandung
Pertama pertumbuhan ekonominya mencapai 5,67 persen, lebih tinggi ketimbang pertumbuhan ekonomi nasional. Kedua populasinya yang mencapai hampir 50 juta jiwa, terbesar di Indonesia.

"Ketiga kami tentu saja merupakan masyarakat bahagia dengan indeks kebahagiaan tertinggi di Indonesia. Kami juga punya bahan baku bambu terbaik di Indonesia yang bisa diolah menjadi furnitur kreatif dan dikerjasamakan dengan IKEA," kata Emil.

IKEA Bandung merupakan gerai perlengkapan rumah tangga ketiga di Indonesia, setelah Alam Sutera di Serpong, dan Jakarta Garden City di Cakung, Jakarta Timur.

Menempati area 4,4 hektar, IKEA Bandung akan dikembangkan dengan luas bangunan 35.000 meter persegi.

Baca juga: IKEA Uji Coba Sistem Pertukaran Barang Bekas

Konstruksi fisik toko IKEA Bandung direncanakan rampung pada 2020 mendatang dan beroperasi pada tahun yang sama.

Patrik menuturkan, gerai IKEA Bandung menawarkan inspirasi dan solusi untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi masyarakat Bandung.

"Produk perabot rumah tangga ini dikembangkan dengan konsep democratic design yang fungsional, berkualitas, dan berkelanjutan serta dengan harga terjangkau," kata Patrik.

IKEA Indonesia akan memberi kesempatan 400 peluang kerja baru. Sebagai upaya mendukung produk UKM lokal, IKEA Bandung juga akan mengadakan pameran dan perkenalan karya kepada para pelanggannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com