Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Pontianak-Singkawang di Kalimantan Barat akan Dibangun

Kompas.com - 28/03/2019, 09:23 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan pembangunan jalan tol yang menghubungkan Pontianak hingga Singkawang.

Janji tersebut disampaikan Jokowi kepada masyarakat Kalimantan Barat, saat berkampanye di Qubu Resor, Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (27/3/2019).

"Ke depan, jalan tol dari Pontianak ke Singkawang segera kita bangun. Jembatan Sungai Sambas yang sempat tertunda pekerjaannya segera dilanjutkan dan Pelabuhan Internasional Kijing bila telah selesai nanti menjadi pelabuhan terbesar di Kalimantan," ungkap Jokowi seperti dikutip dari akun Instagram resminya, Kamis (28/3/2019).

Jokowi menuturkan, pembangunan yang terus dilakukan pemerintah bertujuan untuk memberikan pemerataan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Masih Ada 217 Kilometer Jalan Perbatasan yang Belum Tembus

Dengan hadirnya infrastruktur penunjang konektivitas, diharapkan ke depan mobilitas angkutan barang baik dari Kalimantan Barat maupun dari daerah luas dapat berjalan dengan lancar.

"Pembangunan tersebut biar adil, sehingga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia bisa terwujud," kata Jokowi seperti dilansir Antaranews.com.

Selain rencana pembangunan tol, kandidat petahana pada Pilpres 2019 ini, juga menyampaikan sejumlah pembangunan yang telah dilakukan pemerintah selama ini.

Mulai dari pembangunan tiga Pos Lintas Batas Negara (PLBN), yakni Entikong, Nanga Badau, dan Aruk, hingga jalan perbatasan.

Baca juga: Kritik Pengamat soal Pembangunan Tol Lampung hingga Aceh

Bahkan, Jokowi menyebut, pembangunan ketiga PLBN tersebut telah mempercantik citra Indonesia di mata internasional.

"Kurang apa lagi? Jalan-jalan di perbatasannya telah dipermulus," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com