Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Transaksi Tanpa Henti di Jalan Tol Diperkirakan 3 Bulan

Kompas.com - 22/03/2019, 16:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan, uji coba sistem transaksi tanpa henti di jalan tol diperkirakan memakan waktu tiga bulan.

Setelah itu, pemerintah akan melakukan evaluasi sebelum akhirnya memproduksi massal sistem tersebut dan dilepas ke pasar.

"Insya Allah tiga bulan ini bisa kita lakukan," kata Rini di Gerbang Tol (GT) Kapuk, Tangerang, Jumat (22/3/2019).

Uji coba transaksi ini dilakukan PT Jasa Marga Tbk dengan menggandeng sejumlah perusahaan pelat merah. Rini mengaku, sengaja melakukan uji coba internal sebelum melepas teknologi ini ke publik.

Baca juga: Menteri Rini Puas Sistem RFID Jasa Marga Berjalan Lancar

Hal itu dilakukan guna mendapatkan masukan optimal dari internal perusahaan. Di samping itu, untuk menghindari timbulnya keluhan dari masyarakat pada kemudian hari.

"Jadi ada dari Garuda, Damri, Angkasa Pura sudah mulai promosikan. Itu kami harapkan ada kritikan, sehingga nanti masyarakat tidak ada lagi ada masalah," sebut Rini.

Untuk diketakhui, teknologi yang digunakan Jasa Marga pada sistem transaksi ini berupa Radio Frequency Identification (RFID) atau Single Lane Free Flow (SLFF).

Teknologi ini dikembangkan salah satu anak usaha Jasa Marga yakni PT Jasa Marga Tollroad Operation (JMTO).

Sistem ini merupakan pengembangan dari teknologi Electronic Toll Collection (ETC) menuju sistem Multi Lane Free Flow (MLFF).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com