Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megahnya Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak dan Bakauheni

Kompas.com - 18/03/2019, 16:48 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelabuhan Merak di Banten, dan Bakauheni di Lampung, memiliki Dermaga Eksekutif yang megah dan modern. Betapa tidak, keduanya menelan nilai investasi sebesar Rp 450 miliar.

Mengutip Kontan, terminal eksekutif Pelabuhan Bakauheni dirancang tiga lantai. Setiap lantai dihubungkan dengan eskalator.

Berbagai fasilitas disediakan, seperti penyeberangan, hotel, dan pusat perbelanjaan yang i gerai cindera mata, dan juga restoran.

Adapula fasilitas garbarata yang disediakan khusus untuk penumpang mobil pribadi dan pejalan kaki.

Baca juga: Ini Tampilan Pelabuhan Sibolga yang Diklaim Terbaik se-Asia Pasifik

Dermaga Eksekutif BakauheniTribun Lampung/Dedi Sutomo Dermaga Eksekutif Bakauheni
Selain itu, calon penumpang yang akan menggunakan terminal eksekutif ini dimanjakan dengan waktu tempuh yang lebih cepat.

Jika penyeberangan Selat Sunda pada umumnya membutuhkan waktu 2,5 jam, penumpang yang menggunakan terminal eksekutif bisa menyeberang hanya dalam waktu 1 jam.

Terminal Eksekutif Bakauheni dibangun di dekat dermaga VII Bakauheni seluas 38.709 meter persegi.

Melansir situs laman ASDP Indonesia Ferry, Terminal Eksekutif Bakauheni, Lampung diberi nama Anjungan Agung yang merupakan rumah adat Lampung yang berarti rumah besar atau agung. 

Ilustrasi Dermaga Eksekutif di Pelabuhan Merak, Banten.KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Ilustrasi Dermaga Eksekutif di Pelabuhan Merak, Banten.
Sedangkan Terminal Eksekutif Merak diberi nama Sosoro yang berarti rumah adat Badui. Selain itu pembelian tiket ferry dapat dilakukan via situs dan aplikasi gawai.

"Pengguna jasa yang membeli tiket dengan sistem ini dapat mengakses Terminal Eksekutif Merak melalui koridor jalan masuk yang disiapkan dari Terminal Terpadu Merak (TTM)," tulis ASDP Indonesia Ferry.

Terminal Eksekutif Merak dibangun di dekat dermaga IV Pelabuhan Merak memiliki luas area pengembangan sekitar 42.505 meter persegi.

Terminal eksekutif yang dibangun di Pelabuhan Bakauheni dan juga Merak menerapkan konsep bangunan pintar atau smart building.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com