Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laiskodat: Bendungan Raknamo Berpotensi Jadi Pusat Ekonomi Baru

Kompas.com - 12/03/2019, 23:16 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat optimistis Bendungan Raknamo bisa menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kupang.

Viktor menyampaikan hal itu saat berkunjung ke Bendungan Raknamo, Selasa (12/3/2019).

Pasalnya, bendungan besar tersebut merupakan salah satu hadiah istimewa dari Pemerintah Pusat di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi.

"Tempat ini menjadi suatu tempat istimewa untuk merajut mimpi besar kita khususnya Kabupaten Kupang. Tempat ini harus jadi salah satu pusat atau sentra ekonomi kabupaten Kupang. Ini tempat hebat betul," ucap Viktor.

Hadir pada kesempatan tersebut Pejabat Pembut Komitmen (PPK) Bendungan Raknamo  Frengki Welkis, Sekda Kabupaten Kupang Obed Hala, pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Provinsi NTT dan Kabupaten Kupang, kelompok tani, dan masyarakat Desa Raknamo.

Baca juga: Bendungan Raknamo Spesial, Didatangi Jokowi Tiga Kali

Viktor mengatakan, Bendungan Raknamo punya potensi besar untuk dapat berkembang hebat. Bendungan ini tidak hanya diperuntukan bagi pertanian tetapi juga untuk peternakan, perikanan, dan pariwisata.

"Pertanian harus terintegrasi dengan peternakan, perikanan dan pariwisata. Panen padi bisa dua kali setahun ditambah panen jagung sekali. Juga bisa dikembangkan ekowisata dan pariwisata air," ucap Viktor.

Bila perlu, bendungan dilengkapi penginapan, sehingga pengunjung bisa bermalam pada hari Jumat, dan Sabtu.

"Saya harapkan, tidak ada lagi orang miskin dan tidak perlu lagi cari kerja ke luar negeri, kalau kita sungguh memanfaatkan secara optimal potensi yang ada di tempat ini," ujar politisi Nasdem itu.

Untuk diketahui, peletakan batu pertama Bendungan Raknamo dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Desember 2014.

Bendungan seluas 147 hektar yang dibangun dengan dana Rp 760 miliar tersebut berkapasitas tampung 14,09 juta meter kubik.

Fungsi bendungan ini adalah sebagai penyediaan air bersih untuk ibu kota Kabupaten Kupang 100 liter per detik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com