Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LMS Optimis Konstruksi Tol Akses Bandara Kertajati Dimulai Kuartal II

Kompas.com - 24/02/2019, 14:26 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com - PT Lintas Marga Sedaya (LMS) menyatakan optimisme dan kesiapannya membangun tol akses menuju Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, sepanjang 6 kilometer demi kelancaran konektivitas, dan pertumbuhan ekonomi kawasan.

Wakil Presiden Direktur PT LMS Firdaus Azis menyampaikan kesiapan tersebut kepada Kompas.com, saat Tur Inspirasi Tol Trans-Jawa, Minggu (24/2/2019).

"Perizinan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sudah kami dapatkan. Demikian halnya dengan Detail Engineering Design (DED) juga sudah disetujui. Urusan financing pun kami sudah siap," kata Firdaus.

Baca juga: Pengelola Tol Cipali Bidik Revenue Rp 2 Triliun Tahun Ini

LMS akan mengalokasikan 7 sampai 8 persen atau sekitar Rp 667 miliar dari fasilitas pinjaman sindikasi sebesar Rp 8,89 triliun, yang diteken pada 19 September 2018.

Dalam pembiayaan sindikasi berjangka waktu 15 tahun tersebut, Bank Central Asia bertindak sebagai Mandated Lead Arranger and Bookrunners (MLAB), Sarana Multi Infrastruktur dan Bank Mandiri sebagai lead arranger, Bank Panin sebagai arranger, dan Indonesia Infastructure Finance, Bank BJB, Bank DKI serta Bank ICBC Indonesia sebagai partisipan.

Hanya saja, tambah dia, LMS belum mendapatkan lampu hijau dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk DED dan biaya konstruksi yang masih terus dikaji hingga saat ini.

"Termasuk juga penetapat tarif tolnya. Once itu sudah kami dapatkan, langsung kami kerjakan konstruksinya. Kami harap kuartal II-2019 atau setelah Lebaran, tol akses bandara sudah bisa dimulai pekerjaannya," imbuh Firdaus.

Khusus untuk pengadaan tanah, Firdaus melanjutkan, dari total kebutuhan lahan 45 hektar, yang sudah dibebaskan seluas 50 persen.

Sementara separuh sisanya masih terkendala, karena terdapat kebutuhan tambahan tanah mengacu kepada trase yang disetujui BPJT dan Ditjen Bina Marga.

Meski demikian, Firdaus optimistis kendala ini bisa diselesaikan sebelum Kuartal I-2019 berakhir. Oleh karena itu dia berharap Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat mempercepat pembebasan lahan tersebut.

Mengacu pada DED, tol akses menuju Bandara Kertajati terkoneksi dengan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang dimulai dari KM 159 daerah Kalijati dan tembus di KM 152 Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dari arah Bandung.

Jika kelak tol akses Bandara Kertajati ini terbangun, Firdaus memproyeksikan akan terjadi pertumbuhan traffic sebanyak 2.000 hingga 4.000 kendaraan yang melintasi Tol Cipali.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com