Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blibli.com: Pembangunan Infrastruktur Percepat Pengiriman Barang

Kompas.com - 19/02/2019, 16:30 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan online (daring) mengaku terbantu oleh pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah dalam beberapa tahun terakhir.

Infrastruktur yang dimaksud terutama di bidang transportasi. Pengiriman barang menjadi lebih cepat dan mudah, serta biaya lebih murah.

"Kami sebagai pemain e-commerce sangat happy dengan pembangunan infrastruktur laut, darat, dan udara," ujar CEO Blibli.com Kusumo Martanto dalam diskusi bertema "E-Commerce 4.0, What's Next" di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Dia mengatakan, Indonesia memiliki wilayah luas yang terbentang dari barat dan timur. Hadirnya berbagai infrastruktur bisa membantu mempercepat pengiriman barang sesuai pesanan dari satu kota ke kota lain.

Baca juga: Amazon Berencana Buka Toko Ritel di Bandara

Sebelum banyaknya infrastruktur yang ada sekarang, pengiriman barang memakan waktu yang lebih lama, apalagi kalau ke luar Pulau Jawa.

"Kalau mau kirim barang ke Sumatera atau Kalimantan lamanya minta ampun, harganya jadi lebih tinggi," imbuh Kusumo.

Dia menambahkan, lamanya pengiriman itu juga bisa mengurangi kualitas barang dan membuat konsumen atau pembeli menjadi tidak puas.

Sebagai contoh, ucapnya, pengiriman durian dari Medan ke kota lain di Sumatera dan luar pulau. Jika tidak dikirim segera, maka durian itu akan membusuk dalam perjalanan.

"Dulu produsen enggak punya akses untuk jual barangnya ke luar daerah, paling ke tetangga sekitarnya. Dengan e-commerce jadi bisa. Kita lihat ada jalan tol, bandara, dan pelabuhan, waktunya lebih cepat, cost lebih rendah," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com