Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan "Service Center", Kärcher Bidik Pertumbuhan 20 Persen

Kompas.com - 08/02/2019, 15:16 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kärcher Indonesia optimistis dapat meraup pertumbuhan bisnis di sektor cleaning  (pembersih) tahun 2019 ini sebesar 20 persen atau 1,2 juta unit.

Angka ini lebih tinggi dari pencapaian tahun 2018 dengan penjualan sebanyak 1 juta unit dari berbagai jenis produk dan solusi yang ditawarkan.

Managing Director Kärcher Indonesia Mateus Bernath mengutarakan hal tersebut kepada Kompas.com, saat pembukaan Kärcher Store and Service Center, di Harko Mangga Dua, Jakarta, Jumat (8/2/2019).

"Kami yakin target tersebut dapat tercapai. Meskipun tahun ini ada perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres), tapi preseden sebelumnya kan positif," kata Mateus.

Baca juga: Kaercher Center Indonesia Resmi Dibuka

Dia juga tak khawatir dengan tingkat daya beli (spending power) pasar yang belum pulih seperti tiga atau empat tahun lalu saat Kärcher Indonesia baru berusia dua tahun sejak kehadirannya di Tanah Air.

"Saat ini permintaan dari pasar industri makin menguat, seiring pertumbuhan permintaan pasar rumah tangga (retail). Komposisinya 60 persen berbanding 40 persen," tambah Mateus.

Terlebih, dengan diresmikannya Kärcher Store and Service Center, di Harko Mangga Dua, Jakarta, pada hari ini, menambah keyakinan Kärcher Indonesia dapat memenangi kompetisi.

Tak hanya dengan produk sejenis asal China, melainkan juga peralatan manual dan tradisional yang masih digunakan sebagain besar rumah tangga Indonesia.

President Director PT Mitra Cipta Hardi Elektrindo Michael Hardinata, selaku distributor utama Kärcher Indonesia, menambahkan, beroperasinya Kärcher Store and Service Cente juga merupakan strategi memperluas pasar.

"Ini merupakan store  ke-15. Berisi rangkaian produk-produk Kärcher terlengkap, serta sebagai pusat layanan resmi Kärcher. Kami tak hanya menawarkan produk, juga solusi sesuai kebutuhan pasar," kata Michael.

Menurut Michael, untuk merealisasikan target penjualan, pihaknya juga memanfaatkan distribusi secara daring melalui beberapa platform e-commerce lokal.

Dia mengakui penjualan daring mengalami pertumbuhan pesat hingga 50 persen pada tahun lalu. Kendati demikian, porsi penjualan daring secara keseluruhan masih 5 persen.

"Karena mereka yang membutuhkan produk kami, juga membutuhkan konsultasi. Bukan semata membeli barang," imbuh Michael.

Kärcher sendiri merupakan perusahaan milik keluarga Jerman yang beroperasi di seluruh dunia dan dikenal dengan pembersih bertekanan tinggi, peralatan perawatan lantai, sistem pembersihan suku cadang, pengolahan air cuci, peralatan dekontaminasi militer, dan pembersih debu jendela.

Di Indonesia produk Kärcher ditawarkan dengan rentang harga mulai dari Rp 1 juta untuk keperluan pembersihan rumah tangga hingga Rp 15 miliar untuk pembersihan landasan pacu bandara.

"Produk kami sudah digunakan oleh otorita Bandara Changi Singapura. Juga berkontribusi membersihkan tugu Monumen Nasional (Monas) Jakarta," ujar General Manager PT Mitra Cipta Hardi Elektrindo Daniel Surya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com