Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Burj Jumeira, Pencakar Langit Berbentuk Sidik Jari Penguasa Dubai

Kompas.com - 08/02/2019, 13:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dubai Holding telah merilis detail konstruksi proyek multifungsi terbarunya yang dikenal dengan nama Downtown Jumeira.

Di dalam kompleks tersebut nantinya ada berbagai proyek mixed use, seperti residensial, area komersial, hingga hiburan. Namun bukan Dubai namanya jika tidak membuat sebuah tengara di dalam kompleks tersebut.

Rencananya, sebuah pencakar langit setinggi 550 meter, atau lebih tinggi dari One World Trade Center di New York dibangun di tengah-tengah kompleks.

Baca juga: Pengembang Dubai Tanam 80 Juta Dollar AS di Alam Sutera

Struktur yang dikenal dengan nama Burj Jumeira ini berada di Al Sufouh, dan dekat dengan Burj Al Arab.

Konstruksi akan dimulai secepatnya, berdasarkan keterangan dari pengembang, tahap pertama diperkirakan selesai pada 2023.

Desain Burj Jumeira terinspirasi dari bukit pasir dan oasis, sementara seluruh fasadnya akan diselimuti dengan tampilan digital. Beberapa fitur bahkan mirip dengan Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia saat ini.

Pengunjung nantinya dapat menikmati keindahan Dubai dari podium yang dirancang di ketinggian 450 meter lengkap dengan sky lounge dan restoran.

Rencananya, sebuah pencakar langit setinggi 550 meter, atau lebih tinggi dari One World Trade Center di New York akan dibangun di tengah-tengah kompleks. Dubai Holding Rencananya, sebuah pencakar langit setinggi 550 meter, atau lebih tinggi dari One World Trade Center di New York akan dibangun di tengah-tengah kompleks.
Sebagai pelengkap, beberapa dek observasi akan ditambahkan. Pada bagian ini, pengunjung dapat melihat keindahan Dubai dari berbagai sudut.

Mungkin salah satu yang paling menarik adalah pada bagian dasar gedung. Bagian ini dirancang dengan denah yang berbentuk sidik jari penguasa Dubai saat ini, Sheikh Mohammed bin Rashid.

Pada bagian tengah dasar struktur sidik jari tersebut, terdapat sebuah amphiteater dan air mancur.

Selain Burj Jumeira, beberapa konstruksi lain juga sedang dikerjakan, seperti Dubai Creek Tower yang kini masih dalam tahap konstruksi.

Megaproyek yang dirancang oleh Santiago Caltrava ini akan menjadi bagian dari Dubai Square Mall.

Selain itu, Meydan One yang terletak tenggara Burj Khalifa juga sedang dalam tahap pengerjaan.

Kawasan ini akan dilengkapi dengan mal, arena ski dalam ruang terbesar di dunia, serta area residensial yang dikenal dengan Dubai One Tower.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com