Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Persen Lahan Tol Trans-Jawa Belum Bersertifikat

Kompas.com - 07/02/2019, 09:47 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Trans-Jawa, yang menjadi andalan konektivitas di Pulau Jawa, rupanya belum seluruhnya mengantongi sertifikat tanah.

Direktur Jenderal Pengadaan Tanah Kementerian ATR/BPN Arie Yuriwin mengungkapkan hal tersebut kepada Kompas.com, Rabu (6/2/2019).

Namun demikian, kata Arie, jumlah tanah Tol Trans-Jawa yang belum bersertifikat, tidak terlalu banyak.

"Kurang lebih tinggal 30 persen. Kalau yang kemarin sudah diresmikan Insya Allah semua sudah bersertifikat atas nama Kementerian Keuangan," kata Arie.

Baca juga: Ternyata, MRT Jakarta Belum Miliki Sertifkat Tanah

Seperti diketahui, pada akhir Desember 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tujuh ruas tol yaitu Tol Pemalang-Batang Seksi 1 dan 2 (Simpang Susun Pemalang-Batang), Batang-Semarang Seksi 1 sampai 5, dan Semarang-Solo Seksi 4 dan 5 (Salatiga-Kartasura).

Selanjutnya, Tol Ngawi-Kertosono Segmen Wilangan-Kertosono, Kertosono-Mojokerto Seksi 4 (Bandar-Kertosono), Porong-Gempol Segmen Porong-Kejapanan, dan Gempol-Pasuruan Seksi 3 (Pasuruan-Grati).

Arie menambahkan, proses sertifikasi tanah sebenarnya dapat dilakukan paralel dengan pengadaan tanah tanpa harus menunggu jalan tol yang dibangun selesai terlebih dahulu.

"Sepanjang pengadaan tanahnya sudah bisa diselesaikan kemudian penggantian dana talangan sudah selesai kemudian kita sertifikatkan tidak menunggu infratruktur jalannya selesai," kata dia.

Adapun untuk pengadaan tanah untuk Tol Trans-Jawa yang belum rampung juga tersebar di beberapa lokasi. Terutama proyek yang belum selesai dikerjakan.

"Kayak Pasuruan-Banyuwangi, Anyer, kurang lebih 35 kilometer," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com