Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Lebaran, GT Cikarang Utama Dipindahkan

Kompas.com - 06/02/2019, 10:08 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama yang berada di ruas Tol Jakarta-Cikampek bakal dipindah. Padatnya kendaraan yang melintasi ruas ini, menjadi alasan pemindahan tersebut.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru mengatakan, pemindahan gerbang ditargetkan selesai sebelum musim mudik Lebaran 2019.

"Proses sedang berlangsung, diharapkan sebelum lebaran sudah bisa transaksi," kata Heru saat berbincang dengan Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Waskita Garap Seksi 3 Tol Jakarta-Cikampek Selatan

Ia menjelaskan, tingginya kepadatan arus kendaraan tidak terlepas dari banyaknya proyek infrastruktur yang kini tengah digarap, seperti Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) hingga Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Pembangunan tiang-tiang penyangga pada proyek tersebut menyebabkan kapasitas jalur transaksi berkurang.

Sebelumnya, ada 14 gerbang transaksi yang melayani arah Bekasi, dan 26 gerbang yang melayani arah Jakarta. Dengan adanya tiang-tiang tersebut, jumlahnya berkurang enam gerbang.

"Pengurangan kapasitas ini membuat kami cari jalan keluar," kata dia.

Sebagai gantinya, GT Cikarang Utama akan dipindahkan ke dua lokasi yaitu di Cikampek dan Sadang.

Dengan demikian, diharapkan arus kendaraan dapat lebih terkontrol karena pengguna jalan yang mengarah ke Bandung tak perlu lagi mengantri di GT yang menjadi satu dengan arah ke Cikampek, dan demikian sebaliknya.

"Jadi nanti kita akan lebih mudah kontrol distribusi karena sudah bisa dipisahkan mana lalin yang menerus ke timur tol Trans Jawa dan mana lalin yang ke selatan Purbaleunyi," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com