Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres LRT Jabodebek Tembus 60 Persen

Kompas.com - 01/02/2019, 22:30 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto mengklaim kemajuan pembangunan proyek light rail transit (LRT) sampai saat ini telah mencapai 60 persen.

Adapun anggaran yang telah diserap untuk proyek ini sekitar Rp 12 triliun, dari anggaran yang dialokasikan secara keseluruhan lebih kurang Rp 20 triliun.

"Untuk LRT sekarang sudah 60 persen. Dana yang sudah dikucurkan kira-kira Rp 12 triliun, semuanya sekitar Rp 20 triliun," ujar Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto di Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Pembangunan LRT tersebut merupakan proyek infrastruktur yang menjadi fokus Adhi Karya untuk tahun 2019.

Baca juga: Adhi Karya Bidik Pertumbuhan Kontrak Baru 20 Persen

Selain itu, Adhi Karya juga berencana mengembangkan bisnis properti melalui pembelian lahan di sejumlah lokasi proyek transit oriented development (TOD) di wilayah Jabodetabek.

Rencana itu akan direalisasikan melalui kerja sama dengan badan usaha milik negara (BUMN) lain, terutama dalam pengadaan lahan.

"Kalau di properti kami akan belanja untuk lahan-lahan TOD. Luasnya sekitar 50 sampai 200 hektar di sekitar Jabodetabek. Kami kerja sama dengan BUMN lain untuk pengadaan lahannya," imbuh Budi.

Ada pun dana yang dianggarkan untuk proyek itu lebih kurang Rp 3 triliun yang diperoleh dari anggaran sendiri dan bantuan perbankan.

Budi memperkirakan penjualan di sektor properti tahun ini bisa mencapai Rp 4 triliun.

Terkait dengan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada hari ini yang memutuskan pembentukan holding infrastruktur di bawah kepemimpinan PT Hutama Karya (Persero) Tbk, Budi mengharapkan proses ini bisa membantu percepatan penyelesaian berbagai proyek yang dikerjakan Adhi Karya dan BUMN lain yang terlibat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com