Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Incar Proyek Infrastruktur Kereta di Filipina

Kompas.com - 01/02/2019, 13:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk berencana melebarkan sayap bisnis ke Filipina pada tahun 2019 ini.

Perusahaan pelat merah itu tengah mengincar proyek infrastruktur kereta api di negara yang dipimpin Rodrigo Duterte tersebut.

"Kita keluar negeri ada konsep kerja sama dengan teman-teman di kereta api. Pengalaman kita di Palembang mau kita ekspor," kata Direktur Utama Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra di Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Waskita Karya berkongsi dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Industri Kereta Api (Persero) menggarap proyek light rail transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan.

Baca juga: Waskita Garap Seksi 3 Tol Jakarta-Cikampek Selatan

Untuk proyek di Filipina, Putra menambahkan, Waskita akan membangun infrastrukturnya. Sementara, rolling stock kereta berasal INKA dan operatornya dari KAI.

"Kita sudah menjajaki di Filipina untuk cari mulai pertama untuk kita bisa ekspor. Dan pendanaannya tentunya dari Bank Exim itu kita masih jajaki," ungkap Putra.

Hingga kini, ia mengatakan, masih mempelajari kultur bisnis serta regulasi yang berlaku di negara tersebut. Soal kebutuhan investasi yang akan dikeluarkan, Putra masih merahasiakannya.

"Belum ada kita masih cari," cetus Putra.

Sebelumnya, PT Waskita Karya (Persero) Tbk mengalihkan seluruh saham Seri B milik negara pada Perseroan sebagai setoran modal pada PT Hutama Karya (Persero) atau HK. 

Baca juga: Gabung Holding Infrastruktur, Waskita Lepas Status Persero

Pengalihan ini dilakukan dalam rangka pembentukan holding BUMN Sektor Infrastruktur.

Putra mengatakan, pengalihan saham ini telah disetujui oleh para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta, Jumat (1/2/2019).

"Bahwa saham Seri B dari negara Republik Indonesia dipindahkan ke HK. Tetapi itu sah kalau Peraturan Pemerintah (PP)-nya sudah diundangkan," kata Putra.

Setelah pengalihan ini, PT HK akan menjadi induk usaha atau holding. Dengan demikian, Perseroan akan berubah menjadi anak perusahaan BUMN.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gabung Holding Infrastruktur, Waskita Lepas Status Persero", https://properti.kompas.com/read/2019/02/01/114116621/gabung-holding-infrastruktur-waskita-lepas-status-persero
Penulis : Dani Prabowo
Editor : Hilda B Alexander

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com