Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintaro, Kawasan Favorit Calon Pembeli Rumah

Kompas.com - 08/01/2019, 15:29 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Minat para pencari hunian kian tinggi, salah satunya di Jakarta. Kota ini sudah sejak lama menjadi magnet bagi para pencari rumah.

Alasannya apa lagi kalau bukan fasilitas publik yang memudahkan warganya dan juga dekat dengan tempat kerja.

Menurut platform real estat global, Lamudi, ada beberapa area yang menjadi favorit para pencari rumah di Jakarta.

Berdasarkan riset mereka, Bintaro di Selatan Jakarta menjadi kawasan favorit yang dicari calon pembeli rumah.

Hal ini terungkap dari minat pencari rumah melalui situs Google. Rata-rata setiap bulannya terdapat 7.200 orang yang berencana membeli rumah du kawasan ini.

Meskipun harga rata-rata rumah di area ini sudah mencapai Rp 18 juta per meter persegi.

Kemudian di urutan kedua ada Cibubur dengan harga rumah sekitar Rp 2 juta per meter pesegi. Rata-rata setiap bulan ada sekitar 4.200 orang yang melakukan pencarian rumah di area ini.

Lalu ada Kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, di urutan ketiga. Setiap bulannya terdapat 4.100 orang mencari informasi tentang rumah yang dijual. Sedangkan harga rumah di kawasan ini mencapai Rp 11 juta per meter persegi.

Kelapa Gading, Jakarta Utara berada di urutan keempat dengan jumlah pencarian rata-rata mencapai 3.600 orang. Harga hunian di area ini sekitar Rp 21 juta per meter persegi.

DI tempat kelima ada Sunter di Jakarta Utara. Jumlah pencari rumah di sana mencapai 3.350 orang dengan harga jual rumah yang mencapai Rp 17 juta per meter persegi.

Bintaro Jadi Terfavorit

Menurut Managing Director Lamudi Indonesia, Mart Polman, banyaknya jumlah pencari rumah yang mengincar area ini karena Bintaro dinilai sebagai wilayah yang masih berkembang.

Selain itu, daerah ini juga menyediakan banyak fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, pusat pendidikan, hingga rumah sakit.

"Selain itu daerah ini juga dikelilingi dengan sarana infrastruktur yang dapat mempermudah mobilitas warganya seperti adanya Tol JORR W2," ujar Mart dalam kererangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (8/1/2019).

Mart menambahkan, mayoritas pembeli rumah di Bintaro didominasi oleh end user dari kalangan profesional muda. Biasanya mereka adalah pasangan muda yang baru menikah dan membeli rumah dengan cara kredit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com