Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artistik dan Mudah Dikenali, Hotel Berfasad Lempengan Kayu

Kompas.com - 04/01/2019, 13:30 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah hotel di Vietnam didekorasi dengan material dari kayu reklamasi. Hotel ini berada di kawasan Vinh yang merupakan pusat belanja dan liburan di Saigon.

Gedung hotel ini dibangun kembali dari bangunan lama yang memiliki fasad melengkung. Bentuk lama ini membuat bangunan hotel menjorok dan tertutup oleh bangunan lain.

Oleh karena itulah, pihak hotel ingin merancang ulang desain bangunan. Salah satu hal yang diinginkan adalah membuat fasad hotel terlihat mencolok, menarik, serta mudah dikenali oleh pejalan kaki.

Pilar dari kayu-kayu tersebut mengatasi masalah ketersediaan udara dan cahaya alami, sehingga mampu mengurangi penggunaan listrik. Quang Dam Pilar dari kayu-kayu tersebut mengatasi masalah ketersediaan udara dan cahaya alami, sehingga mampu mengurangi penggunaan listrik.
Hal ini menjadi tantangan utama bagi arsitek. Selain itu, arsitek juga harus merancang kembali interior yang lebih efektif, sehingga udara dan cahaya dapat masuk dengan leluasa.

Bangunan ini didesain menggunakan bahan hijau dan berkelanjutan, seperti lempengan kayu dari toko di sekitar area hotel.

Karena banyaknya lempengan yang tidak terpakai, arsitek dari firma H2 kemudian memanfaatkan bahan itu untuk dibuat menjadi fasad bangunan.

Lempengan kayu tersebut kemudian dikumpulkan dan dibuat menjadi pilar-pilar kayu kecil dengan ukuran yang sama.

Pilar-pilar tersebut kemudian dikombinasikan dengan rangka besi untuk kemudian dikembangkan menjadi semacam modul.

Selain untuk fasad, modul kayu tersebut juga digunakan untuk menghias langit-langit dan interior lobi.Quang Dam Selain untuk fasad, modul kayu tersebut juga digunakan untuk menghias langit-langit dan interior lobi.
Setiap modul yang sudah dibuat lalu dipasang sebagai fasad gedung. Pilar dari kayu-kayu tersebut mengatasi masalah ketersediaan udara dan cahaya alami, sehingga mampu mengurangi penggunaan listrik.

Selain untuk fasad, modul kayu tersebut juga digunakan untuk menghias langit-langit dan interior lobi. Interiornya dihias dengan material yang simpel seperti kayu, pilar kayu, dan lantai batu.

Arsitek juga melengkapi interior dengan berbagai jenis tanaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com