Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Tol Salatiga-Kartasura Kembali Seperti Semula

Kompas.com - 29/12/2018, 23:22 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pascadikabarkan longsor pada Senin (24/12/2018) lalu, lereng Tol Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura kini telah selesai diperbaiki.

PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) memastikan saat ini kondisi lereng yang rusak telah kembali seperti semula.

Lereng yang rusak itu berada di KM 489+500 A dari arah Salatiga menuju Kartasura. Kerusakan disebabkan karena belum sempurnanya saluran drainase tepi jalan tol dan belum tumbuhnya rumput di lereng timbunan.

Baca juga: Ambrolnya Lereng Tol Salatiga-Kartasura, Basuki Anggap Masalah Kecil

"PT JSN memastikan perbaikan ini sudah sesuai dengan prosedur kerja dalam penanganannya dan spesifikasi teknis jalan tol," kata Direktur Utama PT JSN David Wijayatno dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/12/2018).

Proses perbaikan sendiri memakan waktu tiga hari, meliputi tujuh kegiatan pekerjaan. Mulai dari pemotongan bagian talud yang tergerus, hingga pemasangan dinding penahan tanah setinggi dua meter.

Kemudian penimbunan talud menggunakan material berbutir dilakukan lapis perlapis dan dipadatkan menggunakan baby roller.

Kondisi ruas Tol Salatiga-Kartasura Km 489+500 setelah diperbaiki.PT Jasamarga Solo Ngawi Kondisi ruas Tol Salatiga-Kartasura Km 489+500 setelah diperbaiki.

Setelah itu, dilaksanakan pemasangan guardrail beserta reflektornya, perbaikan saluran penangkapan air permukaan, penanaman rumput pelapis talud, dan pembersihan area kerja.

"Kami pastikan lereng yang tergerus air telah kembali seperti semula," kata dia.

Sebelumnya, kerusakan lereng bahu jalan ini mencapai sepanjang 20 meter dengan kedalaman sekitar dua meter.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menilai kerusakan yang terjadi bukanlah sebuah hal yang besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com