Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Resor Mewah Pangeran Salman Terganjal Kasus Kashoggi

Kompas.com - 27/12/2018, 23:17 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kasus pembunuhan jurnalis Adnan Kashoggi sanggup menunda realisasi pembangunan proyek Amaala, Arab Saudi.

Ini merupakan proyek resor mewah yang diinisiasi oleh Putera Mahkota, Mohammed bin Salman yang dikembangkan di sepanjang tepi pantai Laut Merah. 

Pengembangan kawasan ini terancam ditunda tanpa batas waktu mengingat adanya pemboikotan modal asing masuk ke Arab Saudi. 

Seperti diketahui, Khashoggi dibunuh pada 2 Oktober 2018 di kantor Konsulat Arab Saudi Istanbul ketika mengurus dokumen pernikahan bersama tunangannya, Hatice Cengiz. 

Padahal, pengembangan kawasan ini ditujukan sebagai destinasi pariwisata mewah yang berfokus pada wisata pemulihan dan kesehatan.

Selain itu, proyek Amaala juga bertujuan untuk mengembangkan wilayah barat laut Saudi menjadi destinasi wisata pilihan.

Amaala juga berencana untuk menampilkan karya arsitektur modern dan futuristik yang memukau serta kemewahan kelas atas di hotel dan villa pribadi. SAUDI KINGDOM PUBLIC INVESTMENT FUND Amaala juga berencana untuk menampilkan karya arsitektur modern dan futuristik yang memukau serta kemewahan kelas atas di hotel dan villa pribadi.
Tak hanya itu, Amaala juga menawarkan wisata budaya dan pertunjukan artistik dalam upaya untuk membawa turis mancanegara ke negara tersebut.

Pengembangan kawasan mencakup lebih dari 2.500 kamar hotel serta 700 villa mewah yang dimulai pada akhir 2022, dan rampung pada 2028.

Daerah ini nantinya menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan gunung dan laut yang berada di sekelilingnya.

Selain itu, pengembangan kawasan ini juga bertujuan untuk membuat destinasi untuk pariwisata mewah SAUDI KINGDOM PUBLIC INVESTMENT FUND Selain itu, pengembangan kawasan ini juga bertujuan untuk membuat destinasi untuk pariwisata mewah
Nicholas Naples, eksekutif veteran perhotelan dan pengembangan mewah, akan menjadi CEO dari proyek tersebut.

"Konsep kami akan menawarkan layanan mewah yang melebihi harapan pelanggan dengan menyediakan layanan komprehensif yang biasanya tidak ditemukan di satu lokasi unik," ujar Naples.

Selain Amaala, sejumlah megaproyek yang menjadi bagian dari rencana Vision 2030 dan dipelopori oleh Pangeran Salman terancam terganggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com