Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Kampung ke Surabaya, Siapkan Rp 546.500 untuk Bayar Tol

Kompas.com - 24/12/2018, 22:38 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lima dari tujuh ruas Tol Trans Jawa gratis bakal Anda lintasi bila berencana melakukan perjalanan mudik ke Surabaya.

Anda hanya perlu menyiapkan saldo uang elektronik senilai Rp 483.500 dengan rute perjalanan dari Jakarta. Sementara, bila perjalanan dimulai dari Merak maka saldo yang harus disiapkan Rp 546.500.

Bagaimana rinciannya?

Dari Merak sampai Jakarta, Anda cukup membayar Rp 63.000 karena ada tiga ruas tol berbayar yang dilewati yaitu Tol Merak-Tangerang, Tol Tangerang-Jakarta, dan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Baca juga: Mudik ke Solo, Jangan Lupa Isi Kartu Tol Minimal Rp 322.000

Berikutnya, dari Jakarta hingga Pemalang Anda harus membayar tarif Rp 215.500, karena ada lima ruas tol berbayar yang dilalui yaitu Tol Jakarta-Cikampek, Tol Cikopo-Palimanan, Tol Palimanan-Kanci, Tol Kanci-Pejagan, Tol Pejagan-Pemalang.

Sementara, dari Pemalang hingga Surabaya, ada lima ruas tol yang gratis. Pertama, dari Tol Pemalang-Batang, Anda cukup membayar Rp 5.500 karena ruas yang telah berfungsi baru Segmen Sewaka-Pemalang IC. Sedangkan, Segmen Pemalang IC-Pasekaran masih belum bertarif.

Selanjutnya, Tol Batang-Semarang juga masih gratis. Anda akan membayar kembali saat melintasi Tol Semarang ABC Rp 5.000 dan Tol Semarang-Solo Segmen Semarang-Salatiga sebesar Rp 33.000. Sedangkan untuk Segmen Salatiga-Kartasura gratis.

Untuk ruas Tol Solo-Ngawi, Anda harus membayar Rp 90.000. Sementara untuk Tol Ngawi-Kertosono, Anda cukup membayar Rp 48.000 saat melintasi Segmen Ngawi-Wilangan. Sementara Segmen Wilangan-Kertosono masih gratis.

Demikian halnya untuk Tol Kertosono-Mojokerto Segmen Kertosono-Bandar itu juga masih gratis. Namun, tarif dikenakan saat melintasi Segmen Bandar-Mojokerto sebesar Rp 46.000.

Adapun untuk Tol Mojokerto-Surabaya Anda dikenai tarif Rp 36.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com