Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senin Ini, Tol Manado-Bitung Dibuka Fungsional

Kompas.com - 24/12/2018, 08:17 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 1B dan 2A Airmadidi-Danowudu sepanjang 14,5 kilometer mulai dibuka fungsional, Senin (24/12/2018).

Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) George IMP Manurung mengatakan, pembukaan sementara atau fungsional ini dilakukan dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik dan balik libur Natal dan Tahun Baru.

"Beroperasinya jalan tol ini secara fungsional juga dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat mengenai keberadaan Jalan Tol Manado-Bitung sebagai jalan tol pertama di Sulawesi Utara," kata George dalam keterangan tertulis, Minggu (23/12/2018).

Secara rinci, ia menjelaskan, pembukaan fungsional ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan kecil satu arah. Untuk arah Manado ke Bitung dibuka sejak 24 Desember hingga 1 Januari 2019.

Sementara, untuk arah Bitung ke Manado berlaku sejak 2 Januari hingga 5 Januari 2019. Adapun pemberlakuan jam fungsional berlaku mulai pukul 07.00-17.00 WIT.

"Sebagian masyarakat Manado dan sekitarnya biasanya berlibur ke luar kota untuk merayakan Natal dan Tahun Baru. Setelah tahun baru, mereka kembali ke kota asal," jelas dia.

Beroperasinya jalan tol ini diyakini dapat mempersingkat waktu tempuh antara Manado dan Bitung serta sebaliknya bila dibandingkan dengan menggunakan jalan arteri atau non tol.

"Pada jalur normal, waktu tempuh bisa antara 45–60 menit. Tapi, kalau melalui Jalan Tol Manado-Bitung hanya memakan waktu 25–30 menit," ungkapnya.

Untuk melewati jalur fungsional, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk selalu awas dan berhati-hati karena kondisi jalan yang masih terbatas.

Selain itu, patuhi arahan petugas di lapangan serta perambuan yang berlaku, termasuk batas maksimal kecepatan kendaraan yang diperbolehkan saat melalui jalur fungsional, serta pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan isi penuh BBM sebelum memasuki jalur fungsional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com