Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Bisa Isi Batere 500.000 iPhone di Atap Stadion Johan Cruijff

Kompas.com - 23/12/2018, 21:23 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber WEFORUM

KOMPAS.com - Sistem penyimpanan energi baru digunakan sebagai sumber daya di Johan Cruijff Arena di Amsterdam.

Stadion yang merupakan rumah bagi klub Ajax Amsterdam ini memanfaatkan baterai EV baru maupun bekas untuk daya cadangan ke stadion jika terjadi pemadaman. 

Selain itu, alat ini dipasang untuk menyediakan sumber energi berkelanjutan. Hal ini mampu mengurangi tekanan pada jaringan listrik di Belanda selama konser dan acara-acara lain dengan konsumsi daya listrik yang besar.

Sistem ini mampu menyimpan daya hingga 3 megawatt, yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai 500.000 iPhone atau atau memasok listrik di sekitar 7.000 rumah tangga di Amsterdam selama satu jam.

Johan Cruijff Arena Reuters Johan Cruijff Arena
Sistem ini menggabungkan unit konversi daya serta dapat menyimpan energi yang dikumpulkan dari 4.200 buah panel surya di atap stadion.

"Arena ini dijamin memiliki kekuatan listrik yang cukup besar, bahkan saat pemadaman listrik," ujar direktur inovasi Johan Cruijff Arena, Henk van Raan.

"Sehingga, stadion akan memberikan kontribusi pada jaringan energi Belanda yang stabil," lanjut dia.

Para produsen mobil berkutat dengan masala yang harus dilewati ketika baterai EV melewati kinerja puncaknya. Baterai lithium-ion dapat terus menyimpan listrik selama bertahun-tahun setelah digunakan.

Beberapa produsen mobil seperti Nissan saat ini sedang mengerjakan proyek untuk menggunakan kembali sel-sel EV untuk penyimpanan energi di dalam rumah.

Nissan mengatakan, sistem baru di stadion menunjukkan bahwa baterai bekas dapat memainkan peran dalam membuat energi baru yang berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WEFORUM
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com