Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kampus Terhijau Dunia versi UI GreenMetric

Kompas.com - 19/12/2018, 16:16 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wageningen University and Research, Belanda menjadi kampus hijau terbaik berdasarkan UI GreenMetric World Rankings 2018.

Pemeringkatan diberikan Universitas Indonesia pada perguruan tinggi yang berkomitmen terhadap pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Tahun ini, ada 719 perguruan tinggi dari 81 negara yang ikut berpartisipasi. Jumlah ini naik bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya diikuti 619 perguruan tinggi dari 76 negara.

Sementara, di Indonesia terdapat 66 perguruan tinggi yang ikut dalam pemeringkatan. Wageningen University menempati posisi pertama setelah memperoleh nilai maksimal pada tiga kriteria yaitu pengelolaan limbah (WS), pengelolaan air (WR), dan pendidikan (ED), sehingga mampu membawanya kembali meraih predikat perguruan tinggi hijau terbaik nomor satu dunia.

Di posisi kedua terdapat University of Nottingham yang unggul pada kriteria energi dan perubahan iklim (EC) karena memiliki empat sumber energi terbarukan.

Empat sumber energi terbarukan itu adalah Clean Biomass, Solar Cell, Geothermal, Combine Heat and Power dan pengelolaan smart-eco building yang sudah mencapai lebih dari 75 persen.

Selain itu, universitas ini juga memiliki keunggulan pada pengolahan air dan pendidikan. Adapun di posisi kedua ditempati University of California Davis karena dinilai memiliki komitmen kuat untuk menjaga lingkungan kampus tetap asri.

UI Peringkat Pertama Indonesia

Sementara itu, UI sebagai tuan rumah penyelenggara harus puas berada di peringkat ke-27 dunia.

Meski demikian, kampus yang dipimpin rektor Muhammad Anis ini berada di posisi pertama di tingkat nasional.

Anis mengatakan, UI terus berupaya dalam menghadapi berbagai persoalan lingkungan serius yang terjadi setiap hari.

Mulai dari perubahan iklim, bencana alam, kekurangan makanan dan air hingga polusi.

Terkait permasalahan tersebut, UI mengambil peran untuk meningkatkan upaya keberlanjutan lingkungan hidup di lingkungan global melalui UI GreenMetric.

Dengan ikut serta dalam pemeringkatan maka Perguruan Tinggi yang berpartisipasi akan langsung mendukung pengembangan infrastruktur kampus hijau di dunia sebagai upaya mencetak generasi yang peduli akan keberlanjutan lingkungan hidup.

"Kami harapkan melalui upaya UI GreenMetric ini, Perguruan Tinggi sedunia mampu mengambil bagian pada upaya preventif dan kuratif dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim,” kata dia di UI, Rabu (19/12/2018).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com