Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lego Buka Gerai Resmi Pertamanya di Thailand

Kompas.com - 16/12/2018, 12:32 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Produsen mainan Lego telah membuka gerai resmi pertamanya di Thailand, tepatnya di Siam Paragon, Bangkok.

Langkah ini merupakan wujud nyata dari rencana strategis merek mainan bangunan asal Denmark itu untuk melakukan ekspansi di Asia.

Gerai Lego di Thailand yang berukuran 170 meter persegi ini dibuka melalui kerja sama dengan DKSH (Thailand) Ltd.

Mereka menawarkan lebih dari 300 mainan Lego, 32 di antaranya hanya dijual eksklusif di gerai resmi Lego tersebut.

General Manager Lego Singapura untuk beberapa negara Asia, Atsushi Hasegawa, mengatakan, Thailand adalah pasar yang menarik bagi Lego.

"Negara ini memiliki perekonomi yang mapan, populasi besar, dan industri ritel yang maju. Kami berharap bisa melihat pertumbuhan yang lebih cepat di Asia, termasuk Thailand, serta pertumbuhan yang berkelanjutan di Eropa dan Amerika," ujar Hasegawa, seperti diwartakan Retailnews.asia, Jumat (14/12/2018).

Dia menambahkan, Lego menargetkan Asia menjadi pasar bagi lebih dari separuh anak-anak dunia.

Sebab, selama ini jumlah penjualan mainan Lego di Asia masih lebih rendah   dibandingkan dengan pasar yang telah terbentuk di negara-negara Barat.

Maka dari itu, manajemen perusahaan melihat peluang itu untuk meningkatkan penjualannya sampai lima atau enam kali di wilayah Asia.

Menurut Hasegawa, prioritas awal perusahaan bukan untuk memperbanyak jumlah gerai Lego, melainkan untuk memberikan pengalaman bermain yang cocok kepada anak-anak.

Sementara itu, Direktur Komersial DKSH Arden Feschuk mengatakan, pihaknya mengharapkan gerai Lego Thailand bisa mencapai angka penjualan 100 juta baht atau sekitar Rp 44 miliar dalam operasional tahun pertamanya.

Setelah ini, perusahaan juga memiliki rencana untuk menambah jumlah gerai resmi lainnya di Thailand pada waktu mendatang.

“Dalam tahun pertama pembukaan, diharapkan lebih dari 400.000 orang akan mengunjungi gerai ini. dengan rincian 60 persen orang Thailand dan 40 persen orang asing," ucap Feschuk.

Dia pun mengatakan, perusahaan menerapkan strategi untuk memberlakukan harga yang sama untuk varian Lego eksklusif di sini. Hal itu sama seperti yang mereka lakukan di negara tetangga.

“Oleh karena itu, penggemar Lego tidak lagi harus pergi ke luar negeri untuk membeli produk Lego. Koleksi baru juga akan diluncurkan pada saat yang sama seperti di AS dan Eropa," imbuh Feschuk.

Untuk diketahui, selama ini sekitar 60 persen dari penjualan Lego di Thailand tersedia melalui distribusi di toko swalayan yang ada, sedangkan lebih dari 15 persen berasal dari toko-toko mainan khusus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com