Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amazon Berencana Buka Toko Ritel di Bandara

Kompas.com - 12/12/2018, 20:08 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Amazon berencana membuka toko tanpa kasirnya, Amazon Go, di sejumlah bandara. Menurut Reuters, Amazon meminta pertemuan dengan beberapa pihak bandara, termasuk Los Angeles International Airport dan San Jose International.

Di luar pertemuan yang diadakan pada Juni lalu, pejabat bandara-bandara tersebut mengatakan mereka tidak memiliki korespondensi lebih lanjut dengan Amazon.

Selain itu, mereka juga menegaskan bahwa Amazon perlu melakukan proses penawaran yang kompetitif untuk memperoleh lokasi yang diinginkan.

Baca juga: Lokasi Kantor Baru Amazon Terancam Tenggelam

Amazon secara perlahan telah mengembangkan toko ritel futuristiknya. Hingga kini sudah terdapat tujuh toko Amazon Go dan tiga gerai bintang empat Amazon yang tersebar di seluruh penjuru AS.

Selain di Amerika Serikat, Amazon juga berencana membuka tokonya di London, tepatnya di dekat Oxford Circus.

Konsep pertokoan milik Amazon dirancang dengan konsep yang mengedepankan teknologi. Para pembeli tidak perlu mengantre untuk membayar di kasir layaknya toko modern kebanyakan.

Mereka bisa langsung pergi, sedangkan tagihan terhadap barang belanjaan akan dilakukan secara digital.

Namun sebelum menikmati layanan ini, pembeli harus memiliki aplikasi belanja Amazon Go. Sebelum masuk, sensor yang diletakkan di depan toko akan memindai gawai yang sudah tersemat aplikasi.

Aplikasi tersebut secara otomatis akan merekam semua barang yang diambil. Kemudian pembayaran akan dilakukan secara digital dengan mekanisme pemotongan saldo yang terdapat dalam aplikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com