Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megahnya Hakata, Stasiun Rasa Pusat Belanja

Kompas.com - 11/12/2018, 20:11 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

FUKUOKA, KOMPAS.com - Bila Anda berkesempatan pergi ke Jepang dan ingin berkeliling dengan menggunakan transportasi publik seperti kereta, jangan bingung saat tiba di stasiun.

Alih-alih berharap langsung menjumpai loket tiket dan peron stasiun, Anda justru akan mendapati sebuah pusat perbelanjaan yang sangat megah.

Seperti Stasiun Hakata City yang dioperasikan Japan Railway (JR) Kyushu pada gambar berikut. Saat berkesempatan bertandang ke tempat tersebut pada 26 November lalu, Kompas.com sempat bingung menjumpai stasiun bak pusat perbelanjaan.

Baca juga: Cara Jepang Paksa Warga Naik Angkutan Umum

Stasiun Hakata City merupakan salah satu stasiun terbesar yang ada di Jepang. Bangunan setinggi sepuluh lantai ini memiliki total luas area mencapai 200.000 meter persegi.

Area concourse Stasiun Hakata yang dipenuhi dengan berbagai toko ritel yang menjajakan makanan hingga oleh-oleh khas Fukuoka.Kompas.com / Dani Prabowo Area concourse Stasiun Hakata yang dipenuhi dengan berbagai toko ritel yang menjajakan makanan hingga oleh-oleh khas Fukuoka.

Setiap hari tak kurang dari 190.000 orang bertandang ke tempat ini. Hal tersebut menjadikannya sekaligus sebagai stasiun tersibuk yang ada di seantero negeri matahari terbit.

Meski jumlah pengunjung cukup banyak, kenyataannya hanya sekitar 40.000 orang yang setiap hari melakukan perjalanan commuter dengan menggunakan kereta.

Sementara, sebagian besar lainnya lebih banyak menghabiskan waktu untuk belanja, makan, nonton film, berbelanja oleh-oleh, nongkrong, bersantai bersama keluarga, maupun melakukan aktivitas lainnya.

Baca juga: Rahasia Tertibnya Orang Jepang Naik Kereta...

Bila digambarkan, stasiun ini lebih tepat disebut sebagai mal ketimbang stasiun. Keberhasilan JR Kyushu dalam mengelola stasiun tidak terlepas dari upaya mereka untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat dalam menyediakan jasa kereta api andal.

Area bioskop yang terdapat di dalam Stasiun HakataKompas.com / Dani Prabowo Area bioskop yang terdapat di dalam Stasiun Hakata

"Kami selalu berupaya untuk menghadirkan kereta tepat waktu, meningkatkan pelayanan kami, juga menjaga kebersihan dan kenyamanan stasiun," kata Manager Planning Departement Corporate Planning Headquarter Kyushu Railway Company, Makoto Kawano.

JR Kyushu tak hanya menggerakkan bisnis jasa kereta api, tetapi juga berbagai lini bisnis seperti real estat, ritel dan restoran, konstruksi, transportasi, hiburan, hingga jasa bisnis lainnya.

Di sektor real estat misalnya, selain AMU Plaza Hakata, ada empat pusat perbelanjaan lain yang dimiliki yaitu AMU Plaza Kokura, AMU Plaza Nagasaki, AMU Plaza Kagoshima, dan JR Oita City AMU Plaza Oita.

Baca juga: Dua Tahun Lagi, Naik Semua Transportasi Umum di Negara Ini Gratis

Pada tahun lalu, jumlah pengunjung AMU Plaza Hakata mencapai 72,41 juta orang dengan pendapatan mencapai 113 miliar yen. Sementara, empat pusat perbelanjaan lainnya juga tak kalah ramai.

Station square yang kerap menjadi lokasi pameran hingga pagelaran musik.Kompas.com / Dani Prabowo Station square yang kerap menjadi lokasi pameran hingga pagelaran musik.

AMU Plaza Oita, misalnya, mampu meraup pendapatan sebesar 22,3 miliar yen dengan jumlah pengunjung mencapai 22,66 juta orang.

Sementara, AMU Plaza Kagoshima dikunjungi mencapai 17,58 juta orang dengan pendapatan 26,5 miliar yen.

"Kami belajar sedikit demi sedikit untuk melakukan renewal, sehingga lama kelamaan kami bisa membangun stasiun skala besar di Kyushu. Tahun 2000 juga membangun stasiun di Nagasaki, dan semua bangunan stasiun tersebut sudah menjadi shopping center ternama di Jepang," tutur Kawano.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com