Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mewahnya Istana Pernikahan Nick Jonas dan Priyanka Chopra

Kompas.com - 01/12/2018, 14:19 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernikahan dua selebritas, Priyanka Chopra dan Nick Jonas akan dilangsungkan di Taj Hotel atau yang sering disebut sebagai Umaid Bhawan Palace.

Hotel super mewah ini dulunya merupakan kediaman pribadi Maharaja Umaid Singh.

Istana yang terletak di Kota Jodhpur, Rajashtan, India ini berdiri di atas lahan seluas 105 ribu meter persegi.

Struktur menawan istana dibangun antara tahun 1928 dan 1943. Sang raja menyewa dua orang arsitek asal Inggris, Henry Vaughan Lanchester dan Sir Edwin Lutyens untuk merancang keseluruhan istana.

Umaid Bhawan PalaceJaideep Oberoi Umaid Bhawan Palace

Gaya yang dihasilkan dari rancangan dua orang arsitek tersebut mengadopsi langgam Eropa dan Mughal. Perpaduan ini disebut sebagai gaya Indo-Deco.

Setelah selesai dibangun, istana ini menjadi rumah pribadi terluas keenam di dunia, serta disebut sebagai istana terbesar India yang tersisa.

Bangunan istana menghadap ke kota Rajashtan, ibu kota Jodhpur, yang juga dikenal dengan Blue City karena mayoritas bangunan berwarna biru.

Struktur menawan istana dibangun antara tahun 1928 dan 1943Taj Hotel Struktur menawan istana dibangun antara tahun 1928 dan 1943
Kini, bangunan istana diubah menjadi hotel, bernama Taj Hotel, dengan 64 ruangan. Saat mengakuisisii istana ini, pihak Taj Hotel menggelontorkan dana sebesar 15 juta dollar untuk merenovasi seluruh bangunan.

Hotel ini menawarkan berbagai macam suite mewah, termasuk Maharani Suite yang terbesar. Ruangan ini dibangun dengan luas 445 meter persegi, yang aslinya memang didesain khusus untuk sang ratu, Maharani Badan Kanwan.

Selain itu, suite ini juga menawarkan pemandangan langsung ke arah taman istana dan Mehrangarh Fort.

Maharani Suite, merupakan ruangan terbesar yang aslinya memang didesain khusus untuk sang ratu, Maharani Badan Kanwan.Taj Hotel Maharani Suite, merupakan ruangan terbesar yang aslinya memang didesain khusus untuk sang ratu, Maharani Badan Kanwan.
Keunikan lainnya adalah, batu yang digunakan untuk menghias aula utama istana sama dengan material yang menjadi bahan utama bangunan Taj Mahal.

Selain ruang yang dijadikan hotel, properti ini juga dilengkapi dengan ruang perjamuan, ruang tahta raja, poerpustakaan, ballroom, serta beberapa ruang squash yang terbuat dari marmer.

Adapula museum yang menampilkan mobil klasik yang merupakan koleksi keluarga kerajaan.

Selain ruang yang dijadikan hotel, properti ini juga dilengkapi dengan ruang perjamuan, ruang tahta raja, poerpustakaan, serta ballroom.Taj Hotel Selain ruang yang dijadikan hotel, properti ini juga dilengkapi dengan ruang perjamuan, ruang tahta raja, poerpustakaan, serta ballroom.
Selama bertahun-tahun, istana ini pernah menjadi tempat menginap bagi beberapa orang penting dunia seperti Mick Jagger dan Pangeran Charles serta istrinya Camilla.

Tempat ini juga pernah menjadi lokasi pernikahan artis Elizaneth Hurley dan Arun Nayar, yang dihadiri oleh Kate Moss, Naomi Campbell, Sting, dan Diana Ross.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com