Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruas Sragen-Ngawi Diresmikan, Tol Jakarta-Surabaya Pun Tersambung

Kompas.com - 28/11/2018, 16:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SRAGEN, KOMPAS.com - Satu lagi ruas tol diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni ruas tol Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer yang menjadi bagian dari Tol Solo-Ngawi

Dengan diresmikannya ruas tol ini, maka panjang Jalan Tol Trans Jawa yang tersambung mencapai 690 kilometer dari total 870 kilometer.

"Artinya sebentar lagi dari Jakarta sampai Surabaya pada akhir tahun ini Insha Allah sudah sambung semuanya," ujar Presiden saat meresmikan ruas tol Sragen-Ngawi, Rabu (28/11/2018).

"Dengan selesainya Jakarta-Surabaya, saya ingin agar seluruh kepala daerah bisa mengintegrasikan dengan kawasan industri yang ada," imbuh Presiden. 

Baca juga: Tol Sragen-Ngawi Dibuka, Satu Lagi Proyek Strategis Nasional Rampung

Sementara empat ruas tol lain sepanjang 180 kilometer masih dalam tahap penyelesaian. Keempat ruas tersebut antara lain ruas Tol Pemalang Batang sepanjang 33 kilometer, ruas Tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer.

Adapula ruas Tol Salatiga-Solo sepanjang 33 kilometer, serta ruas Tol Wilangan-Kertoson sepanjang 39 kilometer. Keempat ruas tol tersebut akan diselesaikan pada akhir Desember 2018.

Usai diresmikan, Segmen Sragen-Ngawi bisa dilalui secara gratis alias tanpa tarif. Hal ini merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat.

Tarif tol akan diberlakukan mulai tanggal 6 Desember 2018 pukul 00.00 WIB.

Baca juga: Dirut Jasa Marga: Tarif Tol Jakarta-Surabaya Sekitar Rp 600.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com