Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Property&Bank Award Tahun Ini Lebih Beragam

Kompas.com - 26/11/2018, 15:03 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelolaan penghargaan Indonesia Property&Bank Award (IPBA) 2018 terus mengalami perbaikan, bukan hanya pada penyelenggaraanya, tapi juga para penerima penghargaan. Perbaikan itu diperlukan di tengah menjamurnya event sejenis.

Ketua AJPK juga Pemimpin Redaksi Majalah Property&Bank, Indra Utama, mengatakan penilaian berkesinambungan sudah dilakukan bersama dewan juri, plus dukungan tim litbang redaksi yang rutin memberikan masukan dan hasil riset kepada tim.

"Kami ingin jadikan penghargaan ini sebagai sebagai referensi utama para pebisnis untuk memasarkan produknya. Bukan hanya produk properti, tapi juga produk turunannya, bahkan sampai perusahaan pengembang masuk lantai bursa," kata Indra dalam keterangan tertulis, Senin (26/11/2015).

Untuk itulah, lanjut Indra, beberapa kategori penghargaan tertinggi dan khusus, misalnya Property Person of the Year 2018 diberikan kepada para tokoh di bidang properti yang memiliki keberpihakan tinggi dan memberikan perhatian khusus terhadap program pemerintah dalam pengembangan perumahan rakyat. Termasuk juga, kata Indra, penghargaan bagi kepala daerah dan instansi pemerintah.

"Kami juga membuat penghargaan lebih beragam, seperti mereka yang memiliki kemampuan untuk mendorong perusahaan propertinya melantai di pasar bursa. Ya, karena ada perusahaan properti yang sudah melantai di pasar bursa, bahkan sudah berencana segera go public," ujar Indra.

Berdasarkan wawancara dewan juri dengan salah satu grup investor IPO besar, papar Indra, setidaknya ada 4 kunci sukses dalam melantai  di bursa. Pertama adalah konsultan advisor yang handal, kedua lead under writer yang kredibel dan punya track record bagus.

"Sedangkan ketiga adalah adanya jaminan standby buyer IPO, yakni investor yang akan membeli saham tersebut dan keempat adalah strategi dan perencanaan media yang tepat dan berkelanjutan," tambahnya.

Adrian Putra, Ketua Panitia Penyelenggara IPBA 2018, menambahkan bahwa dewan juri dan tim bersama tim redaksi melalui proses penilaian selama 1 (satu) tahun. Berbagai metode penilaian dilakukan untuk mendapatkan nominasi para penerima penghargaan Indonesia Property&Bank Award 2018 yang diserahkan Rabu (21/11/2018) pekan lalu.

Disamping penghargaan untuk developer, proyek-proyek properti yang terdiri dari berbagai kategori dan tokoh properti serta perbankan, lenjut Adrian, IPBA juga memberikan porsi  penghargaan dan apresiasi kepada tokoh yang tak kenal lelah menyukseskan program sejuta rumah dan program pembiayaan FLPP.

Berikut adalah para penerima penghargaan tersebut:

Tokoh

1.  Budiarsa Sastrawinata/President Director Ciputra Residence (Property Person of the Year 2018)
2.  Jahja Setiaatmadja, President Direktur BCA Tbk (CEO of The Year 2018)
3.  Suprajarto, Direktur Utama Bank BRI (The Most Favourite Leadership 2018) (perbankan)
4.  Samuel S. Huang, Direktur Utama PT Triniti Dinamik (The Most Favourite Leadership 2018) (properti)
5.  Tambok P. Setyawati,  Managing Director Retail Banking Bank BNI (Bank Inovatif Untuk Menggerakkan KPR Milenial Se-Indonesia)
6. Basuki Hadimoeljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, (Tokoh Pembangunan Infrastruktur Indonesia)
7. Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan, (The Most Inspiring Woman Leadership in Indonesia 2018)
8. Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan PUPR,  (Peran Aktif Mensukseskan Asian Games dan Asian Para Games 2018 Melalui Penyediaan Wisma Atlit Bertaraf Internasional)
9. Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta (Gubernur Yang Paling Menginspirasi Dan Aktif Melakukan Pembinaan Kepada BUMD)
10. Soelaeman Soemawinata, Ketua Umum DPP REI (Tokoh Pengembang Penggerak Pembangunan Rumah Rakyat)

Perusahaan

1. Ciputra Residence, (Developer Of The Year 2018)
2. PT Sri Pertiwi Sejati (SPS Group), (Developer Of The Year 2018)
3. Pakuwon Group, (Developer Of The Year 2018)

Penghargaan khusus dan bahan bangunan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com