Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per Oktober 2018, Pelanggan Aetra Jakarta 452.573 Orang

Kompas.com - 20/11/2018, 11:46 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPT Aetra Air Jakarta merupakan salah satu perusahaan daerah air minum (PDAM) yang beroperasi di Provinsi DKI Jakarta.

Perusahaan ini melayani kebutuhan air bersih untuk masyarakat di sekitar wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan sebagian Jakarta Utara. Jumlah konsumennya sampai Oktober 2018 tercatat lebih dari 450.000 pelanggan.

“Pelanggan kami ada 452.573 per Oktober 2018, dengan lebih dari 2,7 juta jiwa di Jakarta,” ujar Corporate Communication and Customer Manager PT Aetra Air Jakarta Astriena Veracia saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Senin (19/11/2018).

Baca juga: Dari 391 PDAM di Indonesia, Hanya 13 Berstatus Sakit

Untuk melayani pelanggan sebanyak itu, pihaknya mengoperasikan dua instalasi pengolahan air (IPA) di lokasi berbeda, yaitu IPA Buaran dan IPA Pulogadung.

Dari kedua IPA tersebut, distribusi air dilakukan melalui pipa yang panjangnya mencapai 6.275 meter dan tersebar di berbagai wilayah operasional.

“Panjang pipa kami 6.275 meter, awalnya 4.000 meter. Pipa itu ditanam dan direhabilitasi agar tetap terjaga,” kata Vera, nama panggilannya.

Instalasi Pengolahan Air (IPA) Buaran, Jakarta Timur.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Instalasi Pengolahan Air (IPA) Buaran, Jakarta Timur.

Saat ini, lanjutnya, IPA Buaran dan IPA Pulogadung bisa menghasilkan air bersih dengan kapasitas total hingga 10.500 liter per detik.

Dia menambahkan, kualitas air yang dihasilkan Aetra dijamin kualitasnya karena mengikuti standar yang ditentukan dalam Peraturan Menteri Kesehatan 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Selain itu, menurut Vera, berbagai bagian di IPA tersebut juga beroperasi sesuai sertifikat ISO, yaitu untuk manajemen pengolahan air, laboratorium, dan manajemen proyek.

“Mudah-mudahan air yang dihasilkan berguna dan sesuai standar yang ditentukan,” harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com