Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagian dari KSPN Danau Toba, Akses ke Pulau Samosir Diperbaiki

Kompas.com - 12/11/2018, 15:50 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperbaiki kualitas jalan lingkar Pulau Samosir sepanjang 123,9 kilometer dan akses 22 kilometer menuju Pulau Samosir dari Simpang Tele.

Perbaikan ini untuk mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara yang ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Ketersediaan infrastruktur jalan dengan kondisi yang baik akan memudahkan wisatawan mencapai berbagai lokasi wisata di Pulau Samosir, seperti Museum Batak di Tomok, Tiga Danau, dan Tano Ponggol.

Melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Medan, Kementerian PUPR melakukan preservasi (pemeliharaan) dan pelebaran jalan, termasuk menangani tebing sehingga mengurangi risiko longsor, baik di jalan akses menuju ke Pulau Samosir dari Simpang Tele menuju ke Pangururan maupun jaringan jalan lingkar di dalam Pulau Samosir.

Perbaikan jaringan jalan itu dibagi menjadi dua paket pekerjaan yang dimulai sejak Desember 2016 dengan kontrak tahun jamak.

Paket 1 adalah jalan Pangururan–Ambarita–Tomok–Onan Runggu sepanjang 75,9 kilometer berupa pelebaran jalan dengan nilai kontrak Rp 367,21 miliar dan berakhir pada Desember 2019.

Secara keseluruhan, progres fisiknya sampai saat ini 47,9 persen. Untuk pekerjaannya dilakukan oleh konsorsium PT Pembangunan Perumahan dan PT Seneca.

Adapun Paket 2 adalah jalan Tele–Pangururan–Nainggolan–Onan Runggu sepanjang 68,43 kilometer yang terdiri dari pelebaran jalan sepanjang 47,1 kilometer dan pemeliharaan jalan sepanjang 21,33 kilometer.

Alokasi anggarannya sebesar Rp 159,24 miliar dan akan selesai pada Desember 2019. Progres fisiknya secara keseluruhan sampai saat ini 75,25 persen, sedangkan pekerjaannya dilakukan melalui kerja sama operasi (KSO) antara PT Gunakarya, Tunas, dan Kurnia.

Baca juga: Poles Danau Toba, Pemerintah Bangun Tol dan Jalur Lingkar

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pemerintah telah menetapkan 10 KSPN sebagai “Bali Baru” untuk mencapai target 20 juta wisatawan ke Indonesia tahun 2019, salah satunya KSPN Danau Toba.

“Pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu, baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur,” ujar Basuki melalui keterangan tertulis, Senin (12/11/2018).

Selama ini akses utama dari Medan menuju ke Danau Toba dan Pulau Samosir melalui Parapat, kemudian menyeberang menggunakan feri.

Dibukanya Bandara Udara Internasional Silangit sebagai bandara internasional memberi alternatif akses menuju Danau Toba dan Samosir sehingga tidak hanya melalui Bandara Kualanamu di Medan.

Menara pandang

Kawasan Wisata Tele Geopark Danau Toba di Kabupaten Samosir .Kementerian PUPR Kawasan Wisata Tele Geopark Danau Toba di Kabupaten Samosir .

Kementerian PUPR melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) juga telah membangun menara pandang Kawasan Wisata Tele Geopark Danau Toba di Kabupaten Samosir yang berada di jalan akses menuju Pulau Samosir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com