Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Toyota Housing, Summarecon Bangun Klaster Berstandar Jepang

Kompas.com - 10/10/2018, 20:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Summarecon Agung Tbk melalui anak usaha PT Summarecon Property Development menggandeng PT Toyota Housing Indonesia yang merupakan anak perusahaan Toyota Housing Corporation Ltd membangun dua klaster di Summarecon Emerald Karawang.

Dua klaster ini dikembangkan dengan mengacu pada standar Jepang yang memang sudah terkenal berkualitas tinggi.

Tak hanya klaster rumah tapak, kedua perusahaan ini juga menjajaki kemungkinkan  pembangunan dormitori yang diperuntukkan bagi karyawan Toyota.

Baca juga: Hanya 7 Jam, Summarecon Cetak Penjualan Rp 188 Miliar

Ini adalah kerjasama kedua Summarecon dengan perusahaan asal Jepang. Sebelumnya perusahaan menjalin kerja sama ventura sebuah klaster di Summarecon Bekasi.

President Director PT Summarecon Agung Tbk Adrianto P Adhi menuturkan, Summarecon akan selalu melakukan inovasi terbaru. Salah satunya klaster hunian dengan desain dan kualitas yang diadaptasi dari Negara Jepang.

Klaster ini merupakan hasil kemitraan berbentuk joint venture company antara PT Summarecon Poperty Development dan PT Toyota Housing Indonesia dengan masing-masing kepemilikan saham 51 persen-49 persen.

"Saat ini kami melakukan penandatanganan MoU, yang selanjutnya akan disusul penandatanganan perjanjian kerja sama pada akhir November 2018," kata Adrianto dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (10/10/2018).

Toyota Housing Corporation Ltd. dikenal sebagai pengembang hunian berkualitas yang tersebar di penjuru Jepang.

Selain itu, raksasa negeri Sakura ini juga telah melakukan penelitian dan pengembangan rumah rangka baja yang kuat terhadap api, anti bocor dan tahan terhadap gempa di negara asalnya.

Hingga saat ini, Toyota Housing Corporation Ltd. telah memasok lebih dari 100.000 unit rumah berkualitas selama kurun waktu 37 tahun.

Keahlian inilah yang kemudian dibawa oleh PT Toyota Housing Indonesia dalam membangun klaster hunian dengan menerapkan teknologi dan keterampilan yang telah mereka kembangkan di Jepang.

Executive Director PT Summarecon Agung Tbk Albert Luhur menambahkan, kedua klaster yang akan dikembangkan terdiri dari 550 unit rumah dengan desain 1 dan 2 lantai, di atas lahan seluas 64.500 meter persegi.

PT Toyota Housing Indonesia akan lebih banyak berperan sebagai konsultan, yang membantu dalam tahap perencanaan (planning), pra-desain (preliminary design), pemilihan material bangunan dan konstruksi untuk memastikan kualitas produk serta pelaksanaan pembangunan proyek yang efisien.

"Sedangkan Summarecon akan bertanggungjawab dalam keseluruhan pengadaan konstruksi, aktivitas promosi dan marketing serta keseluruhan pelaksanaan pembangunan proyek," tambah Albert.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com