Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Tol Pandaan-Malang Diperkirakan Rp 1.000 Per Kilometer

Kompas.com - 04/10/2018, 23:03 WIB
Achmad Faizal,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PASURUAN, KOMPAS.com - Tarif Tol Pandaan-Malang diperkirakan tidak akan lebih dari Rp 1.000 per kilometer. Jika panjang tol 38 kilometer, bisa diperkirakan tarifnya sekitar Rp 38.000.

"Saya yakin tarif Tol Pandaan-Malang tidak lebih dari Rp 1.000 per kilometer," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Pandaan-Malang, Agus Purnomo, Kamis (4/10/2018).

Agus memang belum fokus pada penghitungan tarif Tol Pandaan-Malang, namun dia memastikan, tarif tol terjangkau oleh masyarakat.

"Tarif tol akan dihitung dengan berbagai pertimbangan termasuk investasi infrastruktur dan akan ditetapkan oleh Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT)," tambah dia.

Agus optimistis, hingga akhir November, konstruksi seksi 3 rampung 100 persen.

Secara keseluruhan, tol yang melintasi 3 daerah yakni Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kota Malang itu dipastikan beroperasi pada triwulan ketiga 2019.

"Tapi jika diminta untuk membuka jalur fungsional untuk libur Natal dan tahun baru kami siap," tegas Agus.

Tol Pandaan-Malang dibangun sebagai infrastruktur alternatif jalur Surabaya-Malang yang selalu padat saat akhir pekan. Dari Surabaya, tol sudah menyambung hingga Pandaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com