Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Kantongi Rp 8,7 Triliun di IPEX Tahun Ini

Kompas.com - 01/10/2018, 19:14 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengantongi kredit baru mencapai Rp8,7 triliun selama ajang Indonesia Property Expo (IPEX) 2018 yang berlangsung 22 sampai 30 September 2018.

Direktur Consumer Banking BTN, Budi Satria, dalam keterangan tertulis menyatakan capaian tersebut melampaui target kredit baru yang diproyeksikan senilai Rp5 triliun mengalir dari IPEX.

"Antusiasme masyarakat terlihat dari jumlah pengunjung yang datang selama pameran. Awalnya kami cuma menargetkan 7.000 pengunjung, dan saat penutupan jumlahnya tercatat lebih dari 13.000 orang," ujar Budi.

Sejatinya, lanjut Budi, keberhasilan IPEX tahun ini dapat dilihat dari total transaksi selama pameran. 

"Ini bukti bahwa masih banyak masyarakat butuh rumah, baik untuk ditempat atau sebagai investasi. Yang jelas rumah masih jadi pilihan bagi masyarakat walaupun pada saat ini kondisi ekonomi dunia bergejolak," kata Budi.

Hal terpenting yang mendorong tingginya kunjungan, menurut Budi, adalahnya banyaknya promosi yang ditawarkan kepada masyarakat yang melakukan transaksi selama pameran berlangsung.

"Salah satunya Adapun bunga promo 6,25 persen fixed satu tahun dan penawaran KPR Zero untuk memudahkan masyarakat punya rumah," ujarnya.

Melalui produk yang rebranding dari KPR Easy Payment tersebut, lanjut dia, debitur hanya membayar cicilan bunga KPR dengan grace period pokok selama 2 tahun.  

Adapun daya tarik lain adalah suku bunga kredit dan uang muka yang terjangkau.

"Termasuk pembebasan biaya provisi, administrasi, bebas appraisal, diskon asuransi jiwa kredit 20 persen, simplifikasi dokumen, dan jugajangka waktu KPR sampai 30 tahun," papar Budi.

KPR subsidi

Hal yang tidak kalah menarik dari IPEX adalah 149 pengembang yang berpameran dan menawarkan sekitar 730 proyek yang di antaranya adalah proyek Transit Oriented Development atau TOD.

Per Agustus 2018, Budi mencatat, BTN sudah merealisasikan KPR Subsidi sebanyak 128.218, sementara untuk nonsubsidi sebanyak 34.559 unit rumah atau total 162.777 unit rumah atau setara dengan Rp 27,2 triliun.

"Secara total, angka tersebut naik 12,7 persen dibandingkan pencapaian Agustus tahun lalu yang mencapai 144.482 unit rumah atau setara Rp 23,10 triliun," tukas Budi.

BTN juga mengejar pencapaian program sejuta rumah lewat komitmen kredit konstruksi yang mendukung penyaluran KPR. Per Agustus tahun ini BTN sudah mencairkan kredit konstruksi untuk KPR subsidi bagi 227.350 unit, sedangkan kredit konstruksi untuk menyokong KPR nonsubsidi disalurkan untuk 113.841 unit   

"Jadi, secara keseluruhan, baik KPR maupun kredit konstruksi untuk program sejuta rumah, BTN sudah mencapai sekitar 67,20 persen atau setara 503.968 unit dari target tahun ini yang mencapai 750.000 unit," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com